PLN akui Kaltim masih defisit listrik

Selasa, 11 Februari 2014 - 14:31 WIB
PLN akui Kaltim masih defisit listrik
PLN akui Kaltim masih defisit listrik
A A A
Sindonews.com - Tiga kota besar di Kalimantan Timur (Kaltim), yaitu Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara rutin mengalami pemadaman bergilir. Penyebabnya adalah defisit listrik akibat pembangkit listrik mengalami gangguan.

Pembangkit yang mengalami gangguan merupakan penyuplai untuk sistem Mahakam yang melayani tiga daerah tersebut. Selain itu, sejumlah pembangkit juga belum bisa masuk ke sistem mahakam.

"Ada beberapa kendala kami mengalami defisit listrik, salah satunya karena ada beberapa unit mesin di sistem Mahakam yang mengalami gangguan. Terpaksa pemadaman listrik bergilir kembali terjadi," kata Manajer PLN Area Samarinda, Ismail Deu, Selasa (11/2/2014).

Sementara, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Peaking yang terletak di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara masih belum stabil dan belum bisa masuk ke sistem Mahakam.

Padahal, PLTG ini disebut-sebut mampu memenuhi kebutuhan listrik di sitem Mahakam. "PLTG Peaking ini masih terbilang baru, namun operasinya masih belum stabil. Pasalnya, PLTG Peaking masih terkendala elektrikal," katanya.

Karena baru, PLTG Peaking masih dalam status uji coba. Pihak PLN pun terus mencari pengaturan yang pas agar bisa masuk ke sistem Mahakam. Dia juga menjelaskan, pemadaman terjadi bukan hanya di Samarinda saja, tapi juga Balikpapan dan Kukar.

"Sistem Mahakam, menunggu suntikan daya dari PLTG Senipah dan PLTG Peaking. Sampai suntikan daya tersebut tercukupi, maka pemadaman terkadang masih terjadi," pungkas ISmail.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5099 seconds (0.1#10.140)