Perusahaan Iran akan bangun kilang di RI

Selasa, 11 Februari 2014 - 15:56 WIB
Perusahaan Iran akan bangun kilang di RI
Perusahaan Iran akan bangun kilang di RI
A A A
Sindonews.com - Sebagai salah satu upaya realisasi kerja sama dengan pengusaha asal Iran, Kamar Dagan dan Industri Indonesia (Kadin) telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Dalam kerja sama tersebut, perusahaan yang menyatakan kesiapannya untuk membangun kilang, yakni Nakhle Barani Pardis Company dan PT Krasindo Resources Indonesia.

"Tadi yang ditandatangani upaya untuk bisa membangun kilang di Indonesia," kata Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto di JW Marriot Hotel, Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Ditekennya nota kesepahaman ini, dia berharap dapat mendukung perluasan investasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi kedua negara.

"Ini itikad untuk membantu membangun. Kami mendukungnya," pungkas dia.

Ketua Kadin Komite tetap Iran Rudy Radjab menjelaskan, investasi dua perusahaan itu akan fokus pada penyediaan minyak mentah (crude oil) jenis ekstra berat sekitar 20 ribu-30 ribu barel per hari (bph).

"Perjanjian ini mengikat stok dulu," kata dia.

Kadin dan 50 pengusaha asal Iran hari ini melakukan pertemuan untuk membahas peluang bisnis setelah dicabutnya embargo ekonomi di negara tersebut.

Sebanyak 50 pengusaha Iran yang menghadiri pertemuan itu bergerak di bidang minyak dan gas, pengapalan (shipping), transportasi, karpet Persia, bahan kimia cair, (petrochemical), perbankan, produksi semen, penerbangan (aviation) dan pengemasan (packaging).

Selain itu, konstruksi dan material bangunan, peralatan rumah (home appliances), tur dan travel, farmasi (pharmaceutical), permodalan usaha (venture capital), jasa engineering, peralatan mobil (automotive parts) dan tekstil.

Sementara berdasarkan data Kementerian Perdagangan, total perdagangan Indonesia dengan Iran telah meningkat hampir lima kali dalam dekade terakhir, yakni mencapai USD1,26 miliar pada 2012.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8088 seconds (0.1#10.140)