HSBC: Indeks awal manufaktur China terendah 7 bulan

Kamis, 20 Februari 2014 - 11:06 WIB
HSBC: Indeks awal manufaktur...
HSBC: Indeks awal manufaktur China terendah 7 bulan
A A A
Sindonews.com - HSBC melaporkan indeks awal manufaktur China mengalami kontraksi pada Februari 2014, berada di tingkat terendah dalam tujuh bulan. Angka ini memberikan sinyal berkurangnya kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Dilansir dari Business Times, Kamis (20/2/2014), dalam laporannya raksasa perbankan asal Inggris itu mencatat indeks manajer pembelian (PMI) China, yang melacak aktivitas manufaktur di pabrik-pabrik dan bengkel, jatuh ke angka 48,3 poin. Angka tersebut jauh lebih kecil dari pembacaan akhir pada Januari sebesar 49,5 poin.

Indeks ini merupakan indikator yang dipantau ketat dari kesehatan kekuatan pusat ekonomi Asia tersebut. Angka di atas 50 menunjukkan pertumbuhan, sementara di bawah sinyal kontraksi.

Qu Hongbin, ekonom HSBC di Hong Kong, menyalahkan memburuknya kontraksi pada Februari akibat penurunan pesanan baru dan produksi di pabrik-pabrik China. Dia meminta pemerintah untuk menyesuaikan kebijakan guna mendukung pertumbuhan.

"Bulding-up tekanan disinflasi menyiratkan bahwa momentum yang mendasari pertumbuhan manufaktur bisa melemah. Kami percaya para pembuat kebijakan di Beijing harus dan dapat menyempurnakan kebijakan untuk menjaga pertumbuhan pada kecepatan tetap di tahun mendatang," ujarnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2270 seconds (0.1#10.140)