Wisatawan sisihkan setengah budget untuk kuliner

Jum'at, 21 Februari 2014 - 15:21 WIB
Wisatawan sisihkan setengah budget untuk kuliner
Wisatawan sisihkan setengah budget untuk kuliner
A A A
Sindonews.com - Berdasarkan hasil survei terhadap wisatawan Australia, China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura dan Thailand, Hilton Worldwide mencatat makanan merupakan prioritas dalam budget liburan. Terbukti, 43 persen responden mengalokasikan hingga setengah dari total budget mereka untuk belanja makanan dan minuman.

Dalam survei tersebut, makanan juga mempengaruhi aktivitas yang menjadi prioritas para wisatawan saat berlibur, dengan 90 persen dari mereka senang bepergian untuk mencoba kuliner khas lokal yang terkenal. Selanjutnya, 87 persen mengatakan bahwa mereka senang berburu jajanan kaki lima dan 79 persen mencari pengalaman wisata kuliner yang unik, seperti festival kuliner atau pasar makanan saat berkunjung ke destinasi wisata.

Saat ditanya mengenai destinasi kuliner favorit para wisatawan di kawasan Asia Pasifik, Jepang muncul sebagai tempat yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan, diikuti Thailand dan Taiwan.

Meski demikian, terdapat 19 persen responden memilih negara asal mereka sendiri sebagai tempat dengan destinasi kuliner terbaik. Mereka yang masuk dalam kategori ini adalah para wisatawan dari Malaysia, Australia, Korea, dan Jepang. Hal ini juga berlaku bagi para wisatawan Indonesia yang memilih makanan khasnya sebagai destinasi kuliner favorit mereka. Di dalamnya juga para wisatawan Jepang dan Korea yang cukup banyak memilih Indonesia sebagai destinasi kuliner favorit mereka.

Saat ditanyakan mengenai apa yang mereka cari dari sebuah tempat wisata kuliner, 49 persen dari para responden setuju bahwa keberagaman kuliner merupakan faktor yang paling penting, diikuti dengan keunikan kuliner yang ditawarkan, pilihan makanan lokal yang khas, serta pengalaman wisata budaya kuliner, seperti menghadiri pasar jajanan atau festival makanan.

Khusus bagi para wisatawan Indonesia, mayoritas mengutamakan keberagaman kuliner serta keunikan kuliner lokal dalam memilih tujuan destinasi kuliner mereka.

“Para wisatawan kuliner modern cenderung mencari pengalaman dan aktivitas kuliner yang otentik, menawarkan baik kualitas serta keberagaman. Kami sangat serius dalam menanggapi hal ini. Sehingga, kami dapat menyediakan berbagai konsep kuliner yang unik di berbagai hotel kami di seluruh Asia Pasifik. Kami juga dapat memberikan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan bagi para pelanggan,” ujar Wakil Presiden untuk F&B Operations Asia Pasifik Hilton Worldwide, Markus Schueller dalam keterangan tertulinya yang dilansir Sindonews, Jumat (21/2/2014).

Survei ini merupakan bagian dari kampanye Hilton Worldwide’s Destination Marketing Campaign, sebuah inisiatif dari Hilton untuk memberikan para wisatawan rate terbaik untuk menginap di hotel-hotel dan resort Hilton Hotel di kawasan Asia Pasifik.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7142 seconds (0.1#10.140)