Mendag mengakui ada yang salah dalam sistem ekspor

Selasa, 11 Maret 2014 - 14:32 WIB
Mendag mengakui ada yang salah dalam sistem ekspor
Mendag mengakui ada yang salah dalam sistem ekspor
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi mengungkapkan kebingungannya tentang industri furniture di Indonesia. Pasalnya, Indonesia yang dikenal sebagai negara bersumber daya alam besar hanya mencapai satu persen dari total ekspor furniture dunia.

"Indonesia yang dari ujung ke ujung memiliki sumber daya alam berlimpah, hanya seperempat dari Vietnam dan satu persen dari total ekspor dunia. Something wrong dalam sistem kita," ujarnya saat membuka Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2014 di JIExpo Kemayoran, jakarta, Selasa (11/3/2014).

Seperti diberitakan sebelumnya, gambaran ekspor Indonesia untuk industri furniture 2013 adalah USD1,7 miliar. Sementara total ekspor dunia adalah sebesar USD124 miliar, serta China dan Vietnam memiliki total ekspor furniture sebesar USD4 miliar.

Dia mengatakan, ketika terjadi permasalahan seperti itu, menjadi tanggung jawab Menteri Perdagangan. Jika ingin menumbuhkan industri furniture Indonesia, sistem harus diubah.

"Kita ingin menunjukkan fungsi utama dari perdagangan. Untuk memberdayakan pedagang. Ketika pedagang mandiri, ini akan menyejahterakan produsen ketimbang industri. Kita harus mampu bersaing, saya yakin kita mampu," tandas Mendag.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6601 seconds (0.1#10.140)