Industri fashion RI bidik pasar Asia

Rabu, 26 Maret 2014 - 19:16 WIB
Industri fashion RI bidik pasar Asia
Industri fashion RI bidik pasar Asia
A A A
Sindonews.com - Perancang busana yang juga pengurus Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia, Jeanny Ang mengungkapkan, optimismenya menggaet pembeli pada ajang HKTDC yang digelar di Hong Kong tahun ini.

Dia beralasan, industri kreatif Indonesia khususnya di sektor rancang busana banyak dilirik buyer mengingat uniknya hasil karya perancang lokal Indonesia.

"Pengalaman saya di ajang gelaran HKTDC di Januari, saya dapat sembilan buyer dan yang kontrak hingga sekarang ada tujuh buyer. Makanya, ini merupakan peluang bagi para disainer lokal lainnya," kata dia, Rabu (26/3/2014).

Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan hasil karya disainer dalam negeri mampu berkiprah di Asia, khususnya di wilayah Administrasif Tiongkok, Hong Kong.

"Saya belum tahu pasti angka ekspornya berapa. Namun, kami biasanya berdasarkan pesanan. Tapi ada seorang disainer dari Bali, karena pembelinya sudah banyak, dia malah membuka gerai di Hongkong," ungkapnya.

HKTDC merupakan perpanjangan tangan bagi para pengusaha barang dan jasa Hong Kong di pasar internasional. Lembaga ini memfasilitasi pelaku industri kreatif dari berbagai negara bertransaksi dalam ajang yang dibuatnya.

Senior Marketing Manager HKDTC, Kwan-ho Leung mengatakan, partisipasi eksebitor dari Indonesia menjadi hal yang menarik untuk dilirik karena tingginya para pembeli.

"Saya yakin hubungan Hong Kong dan Indonesia akan terus berkembang karena pengaruh pasar Indonesia signifikan bagi Hong Kong, khususnya bagi kalangan usaha yang ingin melakukan ekspansi," jelasnya.

Dia mengatakan, peluang tersebut merupakan potensi membuka pasar baru karena selama ini, berdasarkan data statistik, impor pemerintah Hong Kong masih didominasi sektor batu bara (34,9 persen), peralatan komunikasi (10,6 persen) serta makanan siap saji (8,2 persen) sebesar USD2,6 miliar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8038 seconds (0.1#10.140)