SBY resmikan tiga proyek AP II

Kamis, 27 Maret 2014 - 14:45 WIB
SBY resmikan tiga proyek AP II
SBY resmikan tiga proyek AP II
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini meresmikan operasional tiga proyek baru milik PT Angkasa Pura II (AP II). Di antaranya Bandara Internasional Kualanamu, Terminal Penumpang Bandara Syarif Kasim II serta Terminal Penumpang Bandara, Raja Haji Fisabilillah.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Tri S Sunoko mengatakan, peresmian tersebut merupakan komitmen pemerintah terhadap dunia penerbangan di Indonesia.

"Besar harapan kami Bandara Kualanamu di Deli Serdang Sumatera Utara, Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekan Baru Riau serta Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang Kepulauan Riau mampu meningkatkan peran dan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional, berdasarkan Masterplan Perecepatan Perluasan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)," ujar dia saat peresmian Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (27/3/2014).

Bandara Internasional Kualanamu dipersiapkan sebagai jalur penerbangan internasional yang diharapkan mampu menyaingi Bandara Internasional Changi di Singapura dan Bandara Internasional Kuala Lumpur di Malaysia.

PT AP II menginvestasikan dana sedikitnya Rp2,2 triliun untuk penerbangan sisi darat bandara ini. Sementara, untuk dana pembangunan berasal dari APBN sebesar Rp3,39 triliun berupa fasilitas dan perlengkapan bandara.

"Bandara ini satu-satunya bandara di Indonesia yang terkoneksi dengan moda transportasi kereta. Kehadiran kereta ini akan menambah pilihan moda transportasi bagi masyarakat," ujar dia.

Bandara Internasional Kuala namu yang dioperasikan tersebut akan menggantikan peran bandara Polonia, Medan, melayani 205 penerbangan per hari dengan jumlah maskapai beroperasi sebanyak 14 operator.

Tri mengatakan, Bandara Kualanamu akan dikembangkan dengan konsep aerotropolis yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas moderen. "Ke depan kami mau membuat bandara ini dengan konsep aerotropolis dilengkapi fasilitas yang menunjang aneka kegiatan bisnis, perbelanjaan maupun wisata," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Terminal Baru Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru yang telah diresmikan presiden dan merupakan proyek bersama antara PT Angkasa Pura II bersama Pemerintah Provinsi Riau dengan investasi Rp630 miliar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6525 seconds (0.1#10.140)