RI menuju negara industrialis

Rabu, 02 April 2014 - 18:32 WIB
RI menuju negara industrialis
RI menuju negara industrialis
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi mengklaim bahwa Indonesia sebentar lagi akan bertransformasi menjadi negara industrialis. Pasalnya, saat ini Indonesia telah menetapkan aturan untuk ekspor barang yang memiliki nilai tambah (value added) seperti barang setengah jadi atau barang jadi.

"Indonesia akan menjadi, kasarnya kalau saya bisa bilang jadi negara industrialis," ungkap Lutfi di kantornya, Rabu (2/4/2014).

Dia mencontohkan, industri otomotif tahun ini telah melewati target ekspor yang diperkirakan menjadi USD4,5 miliar. Menurutnya, pencapaian ekspor otomotif yang luar biasa ini bahkan melewati ekspor produk ikan dan barang perikanan (fish and fisheries product) yang tahun ini total ekspornya mencapai USD4,2 miliar.

"Ini menunjukkan Indonesia saat ini trennya sangat positif. Jadi jika ditanya apakah kita terkena dampak dari larangan ekspor, ya terkena. Tapi strukturnya ternyata jauh lebih bagus," imbuhnya.

Dampak dari larangan ekspor mineral mentah, Indonesia mengalami pelemahan sekitar 5 persen year on year (YoY). Tetapi menurutnya, ini suatu komitmen yang luar biasa, yakni Indonesia tidak lagi mengekspor barang mentah, melainkan barang setengah jadi ataupun barang jadi. Strukturnya pun jauh lebih baik dari yang diprediksikan.

"Dan ini menunjukkan kalau kita ini beranjak menjadi negara industrialis. Menuju dengan tren positif," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7281 seconds (0.1#10.140)