Lima langkah merencanakan bisnis dalam satu halaman

Rabu, 09 April 2014 - 19:05 WIB
Lima langkah merencanakan bisnis dalam satu halaman
Lima langkah merencanakan bisnis dalam satu halaman
A A A
MEMBUAT rencana bisnis penting bagi setiap pengusaha. Tapi, jika Anda baru pertama kali mendekati atau melakukannya akan terasa menakutkan. Pemilik bisnis akan berdebat ketika bertanya berapa lama rencana dibuat?

Dilansir dari situs Intrepreuner, rencana bisnis sebenarnya dapat dibuat dalam satu halaman mencakup semua kebutuhan dari awal dan membuat Anda cukup terorganisir untuk memulai.

Saat bisnis Anda berkembang (jika Anda merasa perlu modal) pasti akan menambahkan kebutuhan itu di perjalanan. Perlu Anda ingat bahwa rencana bisnis adalah salah satu yang tidak perlu repot-repot untuk menulis. Jangan biarkan kelumpuhan analisis dalam tulisan menghambat Anda memulai usaha.

Berikut lima langkah mudah rencana bisnis dalam satu halaman:

1. Mulailah dengan visi Anda
Mulai rencana dengan memikirkan akhir. Anda harus berkomunikasi di depan. Apakah Anda ingin mengembangkan bisnis untuk dijual? Apakah Anda ingin bisnis menjadi warisan yang akan dinikmati seumur hidup? Apa visi yang besar untuk tujuan akhir? Di sini sangat penting memulai dengan akhir dalam pikiran. Visi Anda harus meringkas dengan baik.

2. Resmikan pernyataan misi Anda
Anda tahu apa visi yang diemban. Sekarang Anda perlu menjelaskan apa yang akan dilakukan untuk mencapai visi tersebut secara singkat dan mudah. Ini pernyataan bahwa Anda ingin menampilkan sesuatu yang bisa dilihat (dimengerti staf) untuk mengingatkan diri sendiri, mengapa Anda melakukan apa yang dilakukan setiap hari.

3. Daftar tujuan Anda
Pikirkan tujuan Anda dalam poin-poin yang ingin dicapai. Misalnya, mendominasi 10 persen pasar produk perusahaan Anda pada 2016. Ini harus menjadi tujuan besar yang ingin Anda capai dengan kerangka waktu menyertainya.

4 . Bentuk strategi Anda
Strategi Anda menjelaskan bagaimana rencana untuk mencapai tujuan. Apa rencana pemasaran? Strategi penjualan? Apakah Anda mengabdikan waktu untuk penelitian dan pengembangan? Apa strategi menyeluruh Anda untuk mencapai tujuan?

5 . Buat rencana aksi
Anda memiliki tujuan. Anda telah memutuskan strategi. Sekarang langkah-langkah apa yang akan diambil untuk memastikan bisnis Anda mempertahankan momentum mencapai tujuan, dan mencapai perwujudan visi besar Anda? Ini harus ada tindakan jangka pendek dan tugas sehari-hari yang dapat mulai dilakukan sekarang untuk bekerja ke arah tujuan akhir.

Hal tersebut menggambarkan bahwa merencanakan bisnis memang menantang, tetapi tidak harus rumit. Sederhanakan proses dan mulailah dengan mengikuti lima langkah mudah rencana bisnis dalam satu halaman.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5383 seconds (0.1#10.140)