Bandara Pattimura selenggarakan latihan PKD

Jum'at, 11 April 2014 - 13:08 WIB
Bandara Pattimura selenggarakan latihan PKD
Bandara Pattimura selenggarakan latihan PKD
A A A
Sindonews.com - PT Angkasa Pura (AP) I mengadakan latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) atau Airport Emergency Plan di Bandara Pattimura, Ambon, Maluku Selatan.

General Manager Bandara Pattimura, Halendra Waworuntu mengatakan, kegiatan latihan PKD ini sudah yang ketiga kalinya dilakukan perseroan.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mengecek keandalan personil, peralatan keselamatan, dan sebagai proses pembelajaran agar semua personil siap dengan kondisi terkini di lapangan," ujar dia dalam rilisnya di Jakarta, Jumat (11/4/2014).

Latihan PKD Bandara Pattimura ini melibatkan 500 personil. Di anataranya berasal dari TNI AU, Dishub Kota Ambon, BMKG, Basarnas, Pemadam Kebakaran Kota Ambon, Kapolsek Ambon, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Pattimura.

Selain itu, juga dari RS Lanud Pattimura, RS Hative, RS Bhayangkara, RS Sumber Hidup, RS Bhakti Rahayu, RS Latumeten, RSUD Haulussy, BMKG, Natsepa Airlines, serta pihak internal Angkasa Pura I Bandara Pattimura.

"Kegiatan PKD ini juga untuk mengevaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) serta merupakan sarana bagi seluruh petugas bandara untuk menguji coba sekaligus mengevaluasi fungsi-fungsi koordinasi, komunikasi, dan komando antar unit sesuai Airport Emergency Plan (AEP) dan Airport Security Program (ASP) yang telah dibuat," jelasnya.

Halendra mengtakan, kegiatan PKD yang dilakukan di Bandara Pattimura tidak hanya simulasi kecelakaan pesawat tetapi juga simulasi ancaman bom dan juga kebakaran di area bandara.

"Semua simulasi yang dilakukan berjalan dengan lancar, personil sigap menangani keadaan yang darurat, peralatan keamanan juga dapat difungsikan dengan baik," imbuhnya.

Dalam skenario latihan Penanggulangan Keadaan Darurat tersebut, tercatat waktu tanggap darurat dua menit 15 detik yang berarti waktu tanggap darurat ini lebih baik dari standar yang ditetapkan International Civil Aviation Organization (ICAO) yaitu 3 menit.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4363 seconds (0.1#10.140)