Target pertumbuhan ekonomi China diperkirakan meleset

Sabtu, 12 April 2014 - 08:16 WIB
Target pertumbuhan ekonomi China diperkirakan meleset
Target pertumbuhan ekonomi China diperkirakan meleset
A A A
Sindonews.com - Perekonomian China diperkirakan kehilangan momentum di kuartal pertama dan pertumbuhan pada 2014 bisa meleset dari target resmi pemerintah.

Dilansir dari CNN Money, produk domestik bruto (PDB) China diprediksi hanya tumbuh sebesar 7,3 persen pada kuartal pertama 2014, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (menurut median dari 12 perkiraan ekonom yang disurvei CNN).

Ekonom yang disurvei juga memperkirakan pertumbuhan setahun penuh akan melambat menjadi 7,3 persen, di bawah target resmi pemerintah sebesar 7,5 persen.

National Bureau of Statistics (NBS) akan mengumumkan angka PDB resmi kuartal pertama pada Rabu (16/4/2014) depan. Pertumbuhan PDB China diawasi ketat karena pemerintah tengah bekerja mereformasi ekonomi terbesar kedua di dunia itu setelah bertahun-tahun ekspansi.

"Pemerintah baru-baru ini telah menggarisbawahi menjaga pertumbuhan sebagai tujuan ekonomi paling penting, dan telah mulai mengambil beberapa langkah sederhana untuk mendukung pertumbuhan menanggapi tekanan ke bawah saat ini," kata ekonom RBS, Louis Kuijs.

Ekonom yang disurvei CNN Money mengatakan, intervensi lebih diperlukan jika pemerintah memiliki harapan untuk mencapai target.

"Semua hal dipertimbangkan, kami percaya para pembuat kebijakan harus mempertimbangkan pelonggaran moneter lebih lanjut pada paruh kedua 2014," ujar ekonom Daiwa Capital Markets, Kevin Lai dan Junjie Tang.

Sebagian besar ekonom juga berpendapat, pertumbuhan kredit tetap menjadi risiko terbesar bagi perekonomian China. Sebagai akar penyebab dari tantangan saat ini, termasuk risiko pertumbuhan shadow banking, dan utang yang terus menumpuk.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7788 seconds (0.1#10.140)