Pemerintah kembangkan pembangkit tenaga angin

Senin, 14 April 2014 - 16:46 WIB
Pemerintah kembangkan pembangkit tenaga angin
Pemerintah kembangkan pembangkit tenaga angin
A A A
Sindonews.com - Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM Alihudin Sitompul mengatakan, pemerintah semakin serius memanfaatkan energi terbarukan lainnya, yakni pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB).

Pada Mei 2014 mendatang, Kementerian ESDM akan melakukan survei di Pantai Barat Sumatera bagian Utara. “Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang selalu ada anginnya,“ ujar dia di Jakarta, Senin (14/4/2014).

Dia menuturkan, survei potensi angin itu membutuhkan waktu dua tahun. Setelah mendapatkan data potensi angin, Kementerian ESDM akan menawarkan kepada pihak swasta yang tertarik untuk membangun PLTB.

Dia mengakui kesulitan mencari investor yang mau menggarap PLTB. Pasalnya, harga listrik masih rendah, yakni Rp656 per kWh. “Swasta ingin harga yang lebih baik,” tuturnya.

Tahun ini, Kementerian ESDM berencana menaikkan harga jual listrik dari pembangkit listrik tenaga angin ini. Saat ini, sudah ada perusahaan swasta yang membangun pembangkit listrik tenaga angin di Yogyakarta dengan kapasitas 50 MW, di samping itu juga terdapat pembangkit angin di Sukabumi berkapasitas 250 MW.

“Pendanaan untuk membiayai pembangunan PLTB tersebut masih dicari,” jelas dia.

Sementara di kawasan Indonesia Timur, pembangkit listrik tenaga angin masih kurang menarik bagi investor. Padahal, potensi angin di Indonesia Timur cukup besar.

“Kendalanya adalah kemampuan wilayah Indonesia Timur untuk menyerap daya yang dihasilkan oleh pembangkit,” pungkas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2498 seconds (0.1#10.140)