Kadin: Tidak perlu BTN diakuisisi

Rabu, 23 April 2014 - 13:32 WIB
Kadin: Tidak perlu BTN diakuisisi
Kadin: Tidak perlu BTN diakuisisi
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Pemberdayaan Daerah, Natsir Mansyur menganggap akuisisi yang akan dilakukan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) terhadap PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) adalah sesuatu yang tidak perlu.

"Kalau saya lihat penggabungan ini tidak perlu. Malah BTN perlu dikembangkan dan difokuskan untuk bank perumahan," kata dia di Menara Kadin Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Apalagi, kata dia, di daerah-daerah masih banyak perumahan yang perlu dibangun, dan dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan untuk membangun BTN. Selain itu, masalah terkait birokrasi, pajak, dan biaya yang kondusif perlu segera diselesaikan pemerintah.

"Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) sudah bagus tapi harus disupport kementerian lain seperti Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian BUMN tentunya," imbuh dia.

Dukungan dari kementerian tersebut, menurutnya dapat berupa kebijakan. Yakni bagaimana mengurangi biaya rumah (structure cost) agar harga rumah tidak terlampau mahal, serta pemberian keringanan pinjaman.

"Intinya Kadin dan para stakeholder pembangun perumahan menolak merger BTN dan Bank Mandiri," pungkas Natsir.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5725 seconds (0.1#10.140)