Hadapi AEC, Wapres galakkan Gerakan Konsumen Cerdas

Rabu, 23 April 2014 - 16:55 WIB
Hadapi AEC, Wapres galakkan Gerakan Konsumen Cerdas
Hadapi AEC, Wapres galakkan Gerakan Konsumen Cerdas
A A A
Sindonews.com - Wakil Presiden (Wapres) RI, Boediono hari Ini menggalakkan "Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri, Dan Cinta Produk Dalam Negeri" pada acara puncak peringatan Hari Konsumen Nasional ke-2 di Hotel Bidakara, Jakarta.

Melalui momentum ini, diharapkan konsumen Indonesia dapat ditempatkan pada posisi subyek penentu kegiatan ekonomi, apalagi akan menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015. Sehingga para pelaku usaha terdorong untuk memproduksi dan memperdagangkan barang dan jasa yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

"Pencanangan gerakan ini dimaknai dengan pemahaman bahwa konsumen yang cerdas dan mandiri adalah konsumen yang mampu menegakkan hak dan kewajibannya. Serta mampu melindungi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan dari barang dan jasa yang tidak sesuai ketentuan atau tidak sesuai dengan kesehatan, keamanan, keselamatan, dan lingkungan (K3L)," jelasnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Dia mengatakan, konsumen juga harus cinta produk dalam negeri. Karena dapat mewujudkan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, sekaligus meningkatkan perekonomian nasional. Ke depannya akan mendukung pertumbuhan konsumsi produk domestik yang berkualitas.

"Hal ini terkait dengan kondisi bahwa dengan menggunakan produk dalam negeri berarti kita membela martabat bangsa untuk meraih kemakmuran menuju kejayaan dan menciptakan semangat hidup persaudaraan," pungkas Boediono.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7735 seconds (0.1#10.140)