Alfamart bantu komunikasi ortu dan anak

Rabu, 23 April 2014 - 17:29 WIB
Alfamart bantu komunikasi ortu dan anak
Alfamart bantu komunikasi ortu dan anak
A A A
Sindonews.com - PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) bekerja sama dengan Energi Positif Foundation di Margonda, Depok untuk menggelar Dongeng Anak Negeri di SDN 05, Sawangan, Depok.

"Tujuan kegiatan ini selain untuk mendidik anak-anak Indonesia melalui dongeng, juga mengajarkan tentang tips dan trik dongeng bagi anak-anak. Sehingga mereka memiliki kepercayaan diri yang kuat dan dapat menciptakan iklim pergaulan sebaya yang positif dengan menanamkan nilai-nilai melalui dongeng," ujar Corporate Communication General Manager Alfamart, Nur Rachman, Rabu (23/4/2014).

Founder Energi Positif Foundation, Imaduddin mengatakan, pihaknya ingin menebarkan hal positif lewat dongeng. Melalui dongeng, nilai-nilai positif serta anak dapat mempelajari karakter dalam tokoh dongeng tersebut.

"Ada amanah atau pesan yang bisa diambil, seperti harus rajin belajar, patuh orang tua, meningkatkan budaya membaca anak lewat model fun way sebagai media alternatif anak-anak. Sehingga mengajarkan anak tak lagi model konvensional atau textbook normatif banget, pelan-pelan masuk ke generasi anak Indonesia," katanya.

Selain di sekolah, pihaknya juga akan mengumpulkan para orang tua di daerah urban atau perkotaan yang kini semakin sibuk bekerja untuk kembali hidupkan budaya mendongeng. Para orang tua harus sentuh kembali anak-anaknya, berinteraksi, ajarkan nilai-nilai dongeng.

"Dongeng Si Kancil misalnya, padahal lebih banyak mengajarkan tricky, atau licik, karena itu konsumsi dongeng bagi anak juga jangan salah. Salah konsumsi dongeng menjadikan anak ingin serba instan, cepat sukses. Bawang merah bawang putih juga menimbulkan kesan baik, walaupun ada intrik, dan menikam dari belakang, secara umum bagus. Tetapi cara yang tepat dan konten harus diajarkan para orang tua," jelasnya.

Konten di dalam dongeng juga mengajarkan kepada anak mengenai budi pekerti, cinta lingkungan, teman dan setia kawan. Dongeng, dapat dilakukan dengan banyak cara dan menjadi media komunikasi dua arah antara anak dan orang tua.

"Menstimuli anak, agar saat mendongeng memancing anak cerita banyak hal. Ayah juga dapat mulai membacakan dongeng kepada anak mereka, bukan hanya sekedar sebagai fungsi ekonomi pencari nafkah, 30 Menit Aku dan Kamu yakni antara anak dan orang tua sudah luar biasa," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3156 seconds (0.1#10.140)