Kurangi pengangguran, Kadin sarankan perkuat UMKM

Rabu, 30 April 2014 - 11:44 WIB
Kurangi pengangguran, Kadin sarankan perkuat UMKM
Kurangi pengangguran, Kadin sarankan perkuat UMKM
A A A
Sindonews.com - Indonesia dihadapkan bencana pengangguran yang serius, mengingat semakin banyaknya masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan dan pada akhirnya harus menganggur.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, jalan keluar dari bencana tersebut adalah dengan memperkuat sektor usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

"UMKM selama ini mampu menampung lebih dari 100 juta angkatan kerja dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 57 persen. Yang perlu dilakukan adalah meningkatkan mutu peran UMKM agar mampu memberikan kehidupan yang layak kepada lebih dari 100 juta tenaga kerja tersebut," kata dia di Jakarta (30/4/2014).

Suryo menjelaskan, UMKM merupakan pilar ekonomi yang perlu diperkuat karena bisa memberikan kontribusi sangat besar dalam menciptkan lapangan kerja. Jika UMKM diperkuat, bisa memberikan kontribusi pada pajak dan peningkatan kegiatan ekonomi.

Lebih lanjut Suryo menjelaskan, jalan keluar selanjutnya adalah dengan meningkatkan mutu tenaga kerja yang bekerja di luar negeri.

"Menurut saya, mengirim warga negara Indonesia keluar negeri merupakan misi negara yang mulia. Yang tidak mulia adalah bahwa negara tidak mampu mengirimkan tenaga kerja untuk menempati lapangan pekerjaan yang bermartabat," ujar dia.

Dia menuturkan, paradigma pengiriman TKI yang hanya mementingkan pendapatan devisa dan melarikan diri dari permasalahan pengangguran di dalam negeri harus diubah total. Dia berpendapat bahwa perubahan paradigma TKI harus dimulai dengan melakukan pendidikan dan pelatihan secara intensif sebelum TKI dikirim ke luar negeri.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5727 seconds (0.1#10.140)