SBR001 mulai diluncurkan di perbankan Indonesia

Jum'at, 02 Mei 2014 - 11:33 WIB
SBR001 mulai diluncurkan di perbankan Indonesia
SBR001 mulai diluncurkan di perbankan Indonesia
A A A
Sindonews.com - Pemerintah mulai melakukan penawaran Saving Bonds Ritel (SBR) seri SBR001. Program saving ini baru pertama kalinya diadakan di perbankan Indonesia.

Jika dibandingkan dengan program ORI (Obligasi Ritel Indonesia) yang sebelum-sebelumnya sudah dilaksanakan, program SBR ini merupakan program saving yang sedikit berbeda dengan ORI.

"SBR berbeda dengan ORI. Kalau ORI, bisa dijual di secondary market meskipun belum jatuh tempo. Kemudian SBR, dia tidak bisa diperjualbelikan di secondary market jika dia belum jatuh tempo," ujar Dirjen Pengelolaan Utang Kementrian Keuangan, Robert Pakpahan di Jakarta, Jumat (2/05/14).

Untuk pengadaannya, diungkapkan Robert, SBR akan dibuka mulai hari ini, ORI akan diadakan pada semester berikutnya yang akan diadakan sekitar bulan Agustus atau September.

Agen penjulannya pun sudah dipilih dan akan menjadi agen untuk dua program tersebut yaitu 24 bank BUMN maupun swasta yang biasa menjual produk pemerintah tersebut.

"Negara membutuhkan uang pembiayaan devisit APBN, maka SBR001 digunakan untuk pembiayaan program pembangunan," ujar Robert.

Karena ini baru pertama kali dilaksanakan, maka pasarnya pun belum terlihat seperti pasar ORI. Kemungkinan akan sama dengan ORI yang merupakan masyarakat domestik.

"SBR001 ini merupakan jenis kupon mengambang yang disesuaikan setiap 3 bulan dengan tingkat kupon minimal 8,57 persen. Pembayaran kupon dilakukan tanggal 20 setiap bulannya dan jatuh tempo pada 20 Mei 2016. Minimal pemesanan Rp5 juta dan maksimal Rp5 miliar" tutup Robert.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5187 seconds (0.1#10.140)