FSRU Lampung akan beroperasi Juli 2014

Sabtu, 10 Mei 2014 - 12:55 WIB
FSRU Lampung akan beroperasi Juli 2014
FSRU Lampung akan beroperasi Juli 2014
A A A
Sindonews.com - Head of Corporate Communication PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), Ridha Ababil mengemukakan Floating Storage Receiving Terminal (FSRU) yang akan memasok gas ke kawasan Lampung, Jawa Barat dan Tanggerang, diperkirakan mulai bisa menerima gas alam cair (liquid natural gas/LNG) pada awal Juli 2014.

Menurutnya, keberadaan FSRU Lampung ini akan meningkatkan pasokan gas PGN. Karena, sumber gas PGN yang disalurkan kepada konsumen bukan hanya bersumber dari lapangan gas di Sumatera atau Jawa saja, melainkan dapat mengandalkan sumber pasokan gas dari Kilang LNG yang berada di Indonesia Timur.

"Dulu kan diekspor alasannya karena enggak ada infrastruktur. Sekarang dengan adanya FSRU ini gas dari Indonesia timur bisa dimanfaatkan juga untuk kebutuhan dalam negeri," kata Ridha dalam acara Media Visit FSRU Lampung, Sabtu (10/5/2014).

Dia menyebutkan, PGN FSRU Lampung ini merupakan bagian dari infrastruktur gas bumi terintegrasi di Lampung yang dibangun perusahaan. Selain itu, terdapat pula pipa distribusi sepanjang 100 kilometer, dengan diameter 12 inci - 16 inci. Hingga akhir Maret 2014, pembangunan jaringan pipa itu sudah mencapai 90 kilometer.

FSRU merupakan tempat penyimpanan sementara LNG sekaligus tempat regasifikasi di kapal terapung. Nantinya, gas bumi yang berbentuk cair tersebut akan diubah menjadi gas dan akan dialirkan ke seluruh pelanggan PGN di Lampung, Jawa Barat dan Tangerang.

Gas dari FSRU Lampung akan memasok kebutuhan gas bagi pembangkit listrik, industri, usaha kecil dan rumah tangga di Lampung dan Sumatera Selatan. Selain itu, juga akan memasok kebutuhan gas bumi di Jawa Barat, Banten dan Jakarta.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8757 seconds (0.1#10.140)