Dahlan ingin RI jadi pengekspor buah tropis

Senin, 12 Mei 2014 - 13:25 WIB
Dahlan ingin RI jadi pengekspor buah tropis
Dahlan ingin RI jadi pengekspor buah tropis
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, Indonesia sebagai negara tropik seharusnya bisa menghasilkan buah tropik dan menjadi negara pengekspor buah tropik tersebut. Selama ini Indonesia mengimpor buah yang sebenarnya bisa dihasilkan di Indonesia.

"Indonesia negara tropik, kita harusnya menghasilkan dan mengekspor buah tropik. Kita bisa mengandalkan Tiongkok misalnya yang tidak bisa menghasilkan buah tropik. Tapi buah saja kita impor, ini harus total diubah. Kita harus jadi pengekspor buah tropik terbesar di dunia," ujarnya di Four Seasons Hotel Jakarta, Senin (12/5/2014).

Dia menilai, selama ini masyarakat Indonesia terlalu terlena dan bangga dengan sebutan buah eksotik, yang pada dasarnya menandakan bahwa buah itu hanya sedikit jumlahnya. Menurutnya, paradigma seperti ini harus diubah.

"Saya coba menanam Manggis 3.000 hektare (ha), durian 3.000 ha, dan rambutan 6.000 ha. Indonesia negara tropik, kita harusnya menghasilkan dan mengekspor buah tropik," katanya.

Dahlan juga menekankan, agar bangsa ini kembali mengubah paradigma dari masyarakat dagang menjadi masyarakat industri seperti yang hampir terjadi di orde baru.

"Juga tentang roadmap mengubah bangsa dari masyarakat dagang jadi masyarakat industri. Kita hampir jadi dulu di orde baru. Tp begitu krisis kita kembali lagi jadi masyarakat dagang. Ini harus kita kembalikan jadi bangsa industri," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8577 seconds (0.1#10.140)