Semen Padang Mulai Bangun Pabrik Indarung VI

Senin, 26 Mei 2014 - 10:28 WIB
Semen Padang Mulai Bangun Pabrik Indarung VI
Semen Padang Mulai Bangun Pabrik Indarung VI
A A A
PADANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan melaksanakan peletakan batu pertama (ground breaking) proyek Indarung VI PT Semen Padang hari ini di Padang, Sumatera Barat.

Peletakan batu pertama pabrik tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk Dwi Soetjipto menyimbolkan dimulainya pembangunan proyek pabrik tersebut.

Direktur Utama PT Semen Padang Munadi Arifin menjelaskan bahwa pembangunan proyek Indarung VI untuk meningkatkan kapasitas produksi semen perusahaan sebesar 3 juta ton semen setiap tahunnya.

"Semen Padang sendiri saat ini telah memiliki lima pabrik yang beroperasi dengan kapasitas total mencapai 5,24 juta ton klinker (semen setengah jadi) atau setara 6,5 juta ton semen" ujarnya di Padang, Senin (26/5/2014).

Di samping itu, perusahaan akan membangun grinding plant atau cement mill di kota Dumai Sumatera Utara pada tahun ini. Proyek ini nantinya akan mendongkrak kapasitas produksi perseroan hingga 1 juta ton per tahun.

Dengan penambahan pabrik dan cement mill, maka kapasitas produksi perusahaan akan menjadi 10,5 juta ton semen per tahun. Sejalan dengan peningkatan tersebut, diharapakan turut meningkatkan pangsa pasar perusahaan yang selama ini menjangkau wilayah barat Indonesia dan Asia Tenggara.

"Di Sumatera demand semen tumbuh 1,5% dan market share (pangsa pasar) kita 45%. Kita inginkan market share kita lebih besar lagi," ujar dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7994 seconds (0.1#10.140)