Dahlan Klaim Semen Padang Terbesar di Asia Tenggara

Senin, 26 Mei 2014 - 13:57 WIB
Dahlan Klaim Semen Padang Terbesar di Asia Tenggara
Dahlan Klaim Semen Padang Terbesar di Asia Tenggara
A A A
PADANG - Peresmian PT Semen Padang yang berlangsung hari ini di Padang, Sumateran Barat, merupakan peresmian pabrik semen Padang yang ke VI.

Dalam peresmian ini, dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan yang juga memberikan sambutan dan rasa syukur atas dibangunnya pabrik semen tersebut. Dahlan merasa bangga karena pabrik semen ini menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara.

"Saya bangga karena kita semua turut menjadi saksi bahwa pabrik ini, sudah menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara. Namun, pabrik-pabrik semen dibelakang kita, sampai saat ini terus mengejar kita. Sehingga kita juga harus terus membangun. Bulan depan pabrik dengan ukuran yang sama juga akan dibangun di Rembang, serta pabrik-pabrik lain akan terus dibangun," jelasnya di Padang, Senin (26/4/2014).

Karena itu, Dahlan juga mengajak bahwa pembangunan tidak boleh berhenti sampai di sini. Semen Indonesia telah menjadi contoh untuk restrukturisasi perusahaan-perusahaan BUMN, karena bersatunya pabrik-pabrik semen di bawah PT Semen Indonesia.

"Ini cukup membuktikan bahwa pembangunan pabrik-pabrik semen berikutnya, menjadi sangat mudah dan efisien," ujarnya.

Pihaknya terus mendorong agar BUMN lain mencontoh PT Semen Indonesia. "Betapa suksesnya pola restrukturisasi PT semen Indonesia, termasuk dengan cepat membeli pabrik semen di Vietnam dan masih ada tawaran lain dari sana yang akan membangun pabrik semen di Myanmar, juga di Bangladesh dan ditempat lain nanti. Sehingga, BUMN kita mulai tidak hanya jago kandang, tetapi mulai membeli di luar negeri," terang dia.

Dahlan menuturkan, bahwa BUMN juga berjuang di Timor Leste untuk proyek, bangunan-bangunan, jalan-jalan, termasuk beberapa gedung di negara tersebut.

"Hampir semuanya yang membangun itu adalah BUMN. Bahkan telekomunikasi di Timor Leste, kalau dulu dikuasai perusahaan telekomunikasi Portugal, sekarang mulai kita yang memegang. Dengan demikian, kita sudah waktunya untuk tampil sebagai negara besar," pungkas Menteri BUMN.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6565 seconds (0.1#10.140)