Bangun Smelter, Freeport Beri Jaminan Rp1,33 T

Kamis, 29 Mei 2014 - 10:52 WIB
Bangun Smelter, Freeport Beri Jaminan Rp1,33 T
Bangun Smelter, Freeport Beri Jaminan Rp1,33 T
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) didampingi beberapa menteri terkait, di antaranya Menteri Perindustrian, Menteri ESDM, Menteri Keuangan, dan Wakil Menteri Perdagangan, menggelar rakor di kantor Kemenko Perekonomian tadi malam.

Rakor tersebut untuk membahas berbagai masalah pembangunan Indonesia, salah satunya soal Freeport. Sebelumnya, CT telah menerima dua perusahaan besar di sektor pertambangan mineral‬.

‪"Dalam pertemuan tersebut, kami juga sudah mendapatkan komitmen dari Freeport mengenai pembangunan smelter sendiri, dan Freeport juga bersedia memberikan uang jaminan sebesar USD115 juta (sekitar Rp1,33 triliun untuk kurs Rp11.632/USD)," kata CT usai rapat koordinasi di kantornya, Rabu (28/5/2014) malam.

Menurutnya, uang tersebut sebagai jaminan atas keseriusan mereka membangun smelter yang segera mereka kerjakan dan selesai pada 2017.

‪Selain itu, CT juga mengungkapkan bahwa sebagai tanda keseriusan, dia bersedia untuk menyampaikan deposit untuk masalah kepastian membangun smelter.

Namun, ternyata masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan. Yakni, mengenai perundingan antara keduanya terkait beberapa hal. Misalnya, kontrak karya apakah berupa side leter atau amandemen, dan ada beberapa hal‬ lain yang masih dalam pembahasan.

‪"Kita sepakat kalau memungkinkan dalam kurun waktu sepekan atau bisa dikatakan minggu depan akan bisa diselesaikan. Kalau bisa lebih cepat ya lebih baik. Bahkan saya sudah dapat jaminan pimpinan dari freeport yaitu Megmoran Richard yang akan datang ke Indonesia untuk berunding beberapa hari ke depan mengenai masalah ini," ungkap CT.

Dengan demikian, lanjut dia, masalah yang selama ini terganjal khususnya ekspor akan dapat disesuaikan karena bea keluar juga akan disesuaikan melalui PMK. Termasuk jangka panjang dan masalah divestasi serta masalah lain untuk Freeport.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4870 seconds (0.1#10.140)