Indonesia-Chile Lakukan Perundingan Peningkatan Pasar

Jum'at, 30 Mei 2014 - 15:22 WIB
Indonesia-Chile Lakukan Perundingan Peningkatan Pasar
Indonesia-Chile Lakukan Perundingan Peningkatan Pasar
A A A
SANTIAGO - Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional (KPI) Kementerian Perdagangan (Kemendag), bersama Duta Besar RI untuk Santiago, Chile, memimpin delegasi Republik Indonesia pada perundingan ke-1 Trade in Goods (TIGs).

Pertemuan yang dilaksanakan di Santiago, Chile pada 26-27 Mei 2014 ini, membahas Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

“Perundingan akan dilakukan secara bertahap (incremental approach), dimana perundingan TIGs dilakukan terlebih dahulu dan akan diikuti oleh perundingan trade in services, investment, dispute settlement dan cooperation," ujar Dirjen KPI Iman Pambagyo seperti dalam rilis, Jumat (30/5/2014).

Tujuan utama perundingan ini, lanjutnya, sebagai upaya untuk meningkatkan pangsa pasar barang dan jasa serta investasi Indonesia di Amerika Tengah dan Selatan.

Dengan total Gross Domestic Product (GDP) kedua negara sebesar USD1,6 trilliun, total perdagangan Indonesia dan Chile berpotensi mencapai USD1,6 miliar dari total perdagangan saat ini yang tercatat hanya mencapai USD600 juta.

Perundingan ke-1 TIGs IC-CEPA adalah memulai peletakan landasan untuk perundingan substantif (request and offer). "Kedua pihak sepakat untuk melanjutkan perundingan lingkup dan draft text sebelum memasuki perundingan substantif di bawah arah pemerintahan baru di Indonesia," tambah dia.

"Selain itu, kedua belah pihak juga sepakat bahwa substansi perjanjian harus simple dan mengacu pada ketentuan WTO dan menghindari pasal pasal yang kontroversi dan menghindari mengubah peraturan perundang-undangan kedua negara,” pungkas dia.

Sekadar Informasi, perundingan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Joint Study Group Free Trade Agreement Indonesia dan Chile yang digagas sejak 2002 dan merupakan pelaksanaan kesepakatan kedua Kepala Negara di APEC, Vladivostok, Rusia 2012.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6865 seconds (0.1#10.140)