Wika Beton Siapkan Pipa Beton untuk KBT

Jum'at, 30 Mei 2014 - 18:04 WIB
Wika Beton Siapkan Pipa Beton untuk KBT
Wika Beton Siapkan Pipa Beton untuk KBT
A A A
JAKARTA - PT Wika Beton Tbk (WTON) meluncurkan produk baru berupa pipa beton dengan diameter 3,5 meter. Corporate Secretary WTON, Puji Haryadi mengatakan pipa beton tersebut akan digunakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam penanggulangan banjir berupa proyek sodetan air dari sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT).

"Selain harus dibuat dengan mutu beton K-600, pipa beton dibuat dengan spesifikasi yang cukup tinggi sehingga menjamin tidak terjadi kebocoran di antara pertemuan pipa," kata Puji dalam rilisnya Jumat (30/5/2014).

Lebih lanjut dia menjelaskan, hal tersebut mengingat instalasi pipa dilakukan dengan cara didorong di bawah permukaan tanah pada kedalaman antara 3 sampai 10 meter yang akan berada di bawah ruas tanah Jl Sensus Otista-Jl Otista 3-Jl DI Panjaitan-Jl Kebon Nanas-Kanal Banjir Timur.

"Dua jalur pipa pararel akan menghubungkan sungai Ciliwung dan KBT sepanjang 2,4 kilometer," tambahnya.

Menurut Puji, produksi dan instalasi 956 buah pipa beton tersebut diperkirakan akan selesai pada Desember 2014. Pada kondisi banjir pipa beton produksi WIKA Beton ini nantinya akan dapat mengalirkan debit air sungai Ciliwung minimal 60m³/detik menuju KBT.

Untuk diketahui, anak usaha PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) ini merupakan produsen beton pracetak terbesar di seluruh Indonesia bahkan Asia Tenggara. Keunggulan lain dari Wika Beton adalah telah memiliki delapan pabrik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang pertumbuhan industri konstruksinya tinggi dan menerapkan pola Precast Engineering-Production-Installation (EPI).

Wika Beton telah memiliki dua anak usaha yakni PT Wijaya Karya Komponen Beton (WIKA KOBE) pada 2012, dan PT Wijaya Karya Krakatau Beton pada akhir 2013.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4826 seconds (0.1#10.140)