PNM Gelar Pelatihan Bagi 2.131 Pelaku UMKM

Minggu, 01 Juni 2014 - 14:37 WIB
PNM Gelar Pelatihan...
PNM Gelar Pelatihan Bagi 2.131 Pelaku UMKM
A A A
JAKARTA - Aktivitas pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang mengombinasikan bisnis pembiayaan dan peningkatan kapasitas bisnis, menjadi pembeda PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM dibanding lembaga keuangan lainnya.

Selama 2013, PNM telah melaksanakan 208 kali pelatihan diikuti 9.662 pelaku UMKM atau jumlah peserta meningkat 258% dibandingkan pencapaian 2012.

Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja mengatakan, khusus triwulan I/2014, PNM telah menggelar pelatihan sebanyak 28 kali, diikuti 2.131 pelaku UMKM.

"Jenis pelatihan yang diberikan PNM cukup beragam, seperti pembekalan kemampuan teknis seperti sertifikasi Pendaftaran Industri Rumah Tangga (P-IRT), cara pengemasan, pengolahan produk, serta inovasi dan strategi pemasaran," terang dia, Minggu (1/6/2014).

Menurutnya, upaya pemberdayaan UMKM tak hanya ditempuh PNM dengan menyalurkan pembiayaan, melainkan pula dengan memberikan jasa pembinaan dan pendampingan usaha.

Pembinaan dan pendampingan UMKM dilakukan secara regular dan berkelompok, dengan materi beragam disesuaikan karakteristik dan kebutuhan nasabah.

"Dalam rangka pemberdayaan UMKM, PNM juga membangun kemitraan dengan lembaga dan instansi pendidikan seperti Jetro (Japan External Trade Organization), Kadin, Universitas Pakuan dan organisasi lain guna memberikan bantuan yang lebih komprehensif kepada UMKM," ujarnya.

PNM menunjukan konsistensi dan komitmenya selama 15 tahun dalam mengembangkan UMKM di Tanah Air melalui jasa pembiayaan dan manajemen.

Sebagai bentuk rasa syukur dan apresiasi atas pertumbuhan usaha, PNM memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 secara sederhana di Eco Function Ancol, Jakarta, dengan mengangkat tema PNM Maju UKM Bermutu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6054 seconds (0.1#10.140)