Kuota Elpiji 3 Kg Jatah Kudus Ditambah 10%

Rabu, 04 Juni 2014 - 20:55 WIB
Kuota Elpiji 3 Kg Jatah Kudus Ditambah 10%
Kuota Elpiji 3 Kg Jatah Kudus Ditambah 10%
A A A
KUDUS - Kuota gas elpiji 3 kilogram (kg) jatah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah akan ditambah hingga 10% dari biasanya. Penambahan stok ini seiring kian dekatnya momen puasa Ramadan dan Lebaran Idul Fitri tahun ini.

Sales Eksekutif Pertamina Region 4 Rayon IV, Roby C Djasmy mengatakan tingkat penggunaan elpiji 3 kg saat momen puasa hingga lebaran cenderung meningkat. Oleh karena itu, perlu langkah strategis untuk mengatasi kondisi tersebut.

Sebab jika permintaan meningkat dan stok elpiji 3 kg minim dimungkinkan akan memicu terjadinya lonjakan harga. Dan jika persoalan itu tak tertangani, maka dapat memicu kelangkaan elpiji bersubsidi tersebut karena faktor penimbunan dan lain sebagainya.

“Makanya alokasi elpiji 3 kg untuk Kudus akan kita tambah untuk menghadapi puasa dan lebaran,” kata roby usai melakukan rapat koordinasi dengan 8 agen, SPBE, kepolisian dan sejumlah instansi terkait lainnya yang digelar di ruang rapat Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus, Rabu (4/6/2014).

Kebutuhan tabung gas elpiji 3 kg per bulan di Kudus mencapai 480.000 buah. Atau jika dirata-rata tiap pekan sekitar 120.000 tabung elpiji bersubsidi tersebut.

Realisasi penambahan kuota ini, kata Robi akan mulai dilakukan pada pekan pertama Juni ini. Penambahan kuota untuk pekan pertama dan kedua sebanyak 4% dari biasanya. Sedang untuk pekan ketiga dan keempat akan ditambah lagi hingga mencapai 8% dari biasanya.

“Sedangkan untuk Juli pekan pertama hingga keempat akan ditambah 10%. Terkait Pilpres 9 Juli, tidak ada tambahan kuota karena diperkirakan momen tersebut tak berimbas pada melonjaknya permintaan elpiji 3 kg,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat lebaran, pihak Pertamina akan membentuk tim satgas yang terdiri dari agen dan pangkalan. Satgas tersebut akan selalu siaga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait elpiji 3 kg. “Satgas itu efektif bekerja H – 10 dan H+10 lebaran,” paparnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7845 seconds (0.1#10.140)