Harga Minyak Dunia Naik

Jum'at, 06 Juni 2014 - 21:02 WIB
Harga Minyak Dunia Naik
Harga Minyak Dunia Naik
A A A
LONDON - Harga minyak di perdagangan dunia, Jumat (6/6/2014) naik, setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mengumumkan rekor penurunan suku bunga dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Patokan AS, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, naik 49 sen menjadi USD102,97 per barel pada pukul 20.45 WIB. Sebelumnya, pada perdagangan di Asia harga terkerek USD102,51 per barel.

Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juli, naik 19 sen menjadi USD108,98 per barel. Angka ini meningkat dari perdagangan di Asia, yang menyentuh level USD108,87 per barel.

"Harga minyak mentah tampak solid dan akan tetap di atas karena investor mencerna pengumuman ECB," kata Kelly Teoh, managing director IR Resources, Bangkok, seperti dilansir dari Global Post.

Seperti diketahui, ECB pada Kamis memangkas suku bunga deposito -0,10%. Ini berarti bank akan dikenakan biaya untuk meninggalkan dana pada ECB dengan harapan mereka bisa meminjamkannya ke lini bisnis.

ECB juga memotong suku bunga pinjaman ke rekor terendah 0,15 persen, dari 0,25 persen. Di mana ratusan miliar euro tersedia dalam pinjaman murah untuk bank-bank selama mereka meminjamkan lebih ke sektor swasta.

Namun, keuntungan dibatasi mata uang AS (USD) yang lebih kuat, membuat minyak yang dihargakan dalam dolar lebih mahal, dan harapan krisis Rusia-Ukraina mereda.

Investor khawatir konflik full-blown di negara bekas Uni Soviet itu (jalur seperempat impor gas Eropa dari Rusia) akan mengganggu pasokan dan membuat harga melonjak.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8251 seconds (0.1#10.140)