Bank Dunia Peringatkan Krisis Ekonomi Global

Rabu, 11 Juni 2014 - 14:55 WIB
Bank Dunia Peringatkan Krisis Ekonomi Global
Bank Dunia Peringatkan Krisis Ekonomi Global
A A A
WASHINGTON - Bank Dunia telah memperingatkan investor untuk mempersiapkan krisis berikutnya, setelah memangkas proyeksi pertumbuhan global tahun ini dari 3,2% menjadi 2,8%. Hal ini didasari kekhawatiran ekonomi di Amerika Serikat (AS), krisis Ukraina dan perubahan masa depan kebijakan makro.

Secara keseluruhan Bank Dunia melihat pertumbuhan global 5% untuk tahun ketiga berturut-turut di negara-negara berkembang akan mengalami pertumbuhan mengecewakan.

Dilansir dari Wealth Manager, Rabu (11/6/2014), Bank Dunia menurunkan proyeksi pertumbuhan negara-negara berkembang dari 5,3% (pada rilis Januari) menjadi 4,8%, meskipun mereka memperkirakan rebound tajam selama dua tahun ke depan, dengan pertumbuhan 5,4% pada 2015 dan 5,5% pada 2016.

Perkiraan ekonomi AS juga dipangkas menjadi 2,1% dari 2,8%. Pun, pandangan untuk Brasil, Rusia, India dan China diturunkan. Kemunduran mungkin bersifat sementara dan 2015 diperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia tidak berubah di 3,4%.

Mereka juga memproyeksikan pertumbuhan negara-negara maju 1,9% pada 2014, mengantisipasi mempercepat menjadi 2,4% tahun depan dan 2,5% pada 2016.

Kaushik Basu, wakil presiden senior dan kepala ekonom Bank Dunia mengatakan, risiko keuangan jangka pendek telah menjadi 'kurang mendesak' meskipun pasar saham dan obligasi tetap rentan terhadap perubahan dalam kebijakan moneter.

"Kesehatan ekonomi keuangan telah membaik, dengan pengecualian China dan Rusia. Pasar saham (juga) telah melakukan dengan baik di negara berkembang, terutama India dan Indonesia. Tapi, kita tidak benar-benar keluar dari hutan," jelasnya.

Pengetatan bertahap kebijakan fiskal dan reformasi struktural diperlukan untuk memulihkan ruang fiskal yang habis oleh krisis keuangan pada 2008. "Singkatnya, sekarang adalah waktu untuk mempersiapkan krisis berikutnya," tandas Basu.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1305 seconds (0.1#10.140)