CT: Mandiri-BTN Tidak Cocok Dimerger

Kamis, 12 Juni 2014 - 19:59 WIB
CT: Mandiri-BTN Tidak Cocok Dimerger
CT: Mandiri-BTN Tidak Cocok Dimerger
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) mengatakan, Indonesia memang butuh bank yang kuat dan besar untuk bersaing dalam ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

Namun, pilihan untuk memerger Bank Mandiri dengan Bank BTN dinilai tidak cocok. Pasalnya, kedua bank tersebut memiliki tipe berbeda.

"Sebaiknya bank khusus tidak dimerger dengan bank umum. Tapi bank umum di merger sama bank umum lain," ujar dia di Kantor Kemenko, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Dia mengatakan, akan menyerahkan pengkajian merger Bank Umum berplat merah lainnya ke Mandiri kepada pemerintahan baru. "Karena waktu yang singkat dalam pemerintahan ini pengkajian akan dilakukan. Tapi akan disampaikan rekomendasi ke pemerintahan baru berikutnya," ujarnya.

Namun, CT enggan berkomentar banyak mengenai Bank Umum yang dirasa cocok untuk merger dengan Bank Mandiri. Dia berdalih, ini adalah tugas pemerintah baru.

"Kita enggak membicarakan bank satu dengan yang lain secara spesifik. Tapi yang dikaji adalah arsitektur perbankan secara nasional dan dalam hal ini perbankan BUMN dikaji satu sama lain termasuk bank-bank yang punya tugas yang khusus," pungas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6244 seconds (0.1#10.140)