Masyarakat Diimbau Gunakan Energi Alternatif

Senin, 16 Juni 2014 - 15:08 WIB
Masyarakat Diimbau Gunakan Energi Alternatif
Masyarakat Diimbau Gunakan Energi Alternatif
A A A
BANDUNG - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM), Susilo Siswoutomo, mengingatkan masyarakat Indonesia untuk memakai energi alternatif. Itu mengingat kondisi sumber energi yang ada akan terus menipis dari waktu ke waktu.

"Yang bisa kita manfaatkan misalnya energi biomassa, memanfaatkan kotoran sapi untuk bikin biogas," kata Susilo di Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (16/6/2014).

Selain itu, ada juga energi lain yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mulai dari energi angin, matahari, hingga angin.

Susilo mengatakan, anak-anak Indonesia harus mengetahui berbagai cara untuk memanfaatkan energi. Pihaknya akan memberi dorongan agar ilmu pengetahuan seputar pemanfaatan energi bisa tersebar.

"Semaksimal mungkin kita optimalkan dan kewajiban kita menyampaikan informasi," kata dia.

Salah satu upaya penyampaian informasi pemanfaatan energi adalah melalui Festival Sadar Energi yang digelar di Kampus Unpad hari ini.

Dari kegiatan itu, diharapkan masyarakat, khususnya mahasiswa, akan semakin tahu bahwa banyak energi yang bisa dimanfaatkan.

Dia mengimbau agar masyarakat benar-benar memanfaatkan energi dengan baik tanpa berlebihan. Dalam penggunaan listrik misalnya. Jika tidak diperlukan, sebaiknya dimatikan.

Selain itu, Susilo juga mengimbau agar penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dihemat semaksimal mungkin. "Kalau bepergian diusahakan naik kendaraan umum saja," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8308 seconds (0.1#10.140)