Kementerian ESDM-Kemenkop UKM Teken MoU Energi

Selasa, 17 Juni 2014 - 11:31 WIB
Kementerian ESDM-Kemenkop UKM Teken MoU Energi
Kementerian ESDM-Kemenkop UKM Teken MoU Energi
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understading/MoU) tentang Pemberdayaan Koperasi dalam Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan bahwa tujuan kesepakatan ini untuk mengoptimalkan pemanfaatan EBTKE melalui koperasi dalam penyediaan EBTKE untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Ruang lingkup kegiatan ini, meliputi kegiatan fisik seperti pembangunan instalasi dan kegiatan non-fisik, seperti perencanaan kegiatan, penyiapan koperasi sebagaimana lembaga pengelola, dan pelatihan," ujar dia di Kementrian ESDM, Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Rida menjelaskan bahwa tugas Kementerian ESDM dalam kerja sama ini adalah menyediakan program penyediaan instalasi dan pemasangan serta pelatihan. Ini untuk menggerakkan UKM serta pelaksanaan koperasi.

"Saya berharap, dengan penandatangan dapat menyejahterakan rakyat, terutama mereka yang mendirikan UKM dan Koperasi agar menjadi pengusaha yang sejahtera," ujar dia.

Untuk melaksanakan kesepakatan bersama, dua pihak setuju untuk membentuk kelompok kerja (pokja) guna menyinergikan kegiatan dua kementerian. Adapun Rida ditunjuk sebagai penindak lanjut kegiatan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5319 seconds (0.1#10.140)