Citilink Kampanye Keselamatan Penerbangan

Jum'at, 20 Juni 2014 - 11:15 WIB
Citilink Kampanye Keselamatan Penerbangan
Citilink Kampanye Keselamatan Penerbangan
A A A
TANGERANG - Maskapai penerbangan nasional berbiaya murah, Citilink menyelenggarakan Kampanye Keselamatan di Sisi Udara (Ramp Safety Campaign) di Terminal 1C Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang guna meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan penerbangannya.

“Citilink terus berupaya menajamkan standar keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang. Kegiatan ini merupakan komitmen kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam hal keselamatan dan keamanan penerbangan,” kata President & CEO Citilink Indonesia, Jumat (20/6/2014).

Arif menekankan bahwa prosedur keselamatan di sekitar ramp area (tempat aktivitas pesawat ketika boarding dan unload penumpang) sama pentingnya dengan prosedur dalam penerbangan serta kegiatan perawatan pesawat yang rutin.

Kegiatan yang diluncurkan di Bandara Soekarno-Hatta tersebut akan diikuti oleh 25 peserta, yang akan disusul oleh daerah-daerah lain di Indonesia.

Dia melanjutkan, para peserta yang menjadi fokus kampanye keselamatan adalah personel pemandu parkir pesawat udara, personel pelayanan garbarata, personel pengelola pemantau lingkungan, personel pertolongan kecelakaan penerbangan pemadam kebakaran, personel teknik, elektronika dan mekanik bandar udara, personel pengatur pergerakan pesawat udara, serta personel peralatan pelayanan darat pesawat udara.

Menurut dia, Citilink Ramp Safety Campaign merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh maskapai penerbangan di Indonesia. Sebelumnya, kegiatan serupa pernah diadakan oleh maskapai Korean Air dari Korea Selatan dan PT Angkasa Pura selaku operator bandara.

International Air Transport Association (IATA) mencatat bahwa faktor kesalahan manusia (human error) merupakan penyebab utama dari kecelakaan di sekitar ramp area dengan persentase mencapai 92% dari insiden tersebut disebabkan kurangnya pelatihan yang memadai, kondisi lapangan terbang serta ketidakpatuhan terhadap prosedur.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5990 seconds (0.1#10.140)