Cirebon Tingkatkan Kelancaran Distribusi Pangan

Jum'at, 20 Juni 2014 - 16:18 WIB
Cirebon Tingkatkan Kelancaran Distribusi Pangan
Cirebon Tingkatkan Kelancaran Distribusi Pangan
A A A
CIREBON - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cirebon Totok Hermiyanto berjanji akan meningkatkan kelancaran distribusi bahan pangan selama Ramadan, terutama dari sentra produksi ke konsumen melalui kerja sama denga instansi terkait.

Dia menyebutkan, pengembangan moda angkutan berbasis kereta api menjadi salah satu fokus strategi penting dalam peningkatan efisiensi distribusi bahan pangan terutama dari sentra produksi ke konsumen.

Selanjutnya, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengupayakan pengkayaan data dan informasi terkait produksi, konsumsi, dan pasokan pangan di setiap daerah, melalui penyusunan Neraca Bahan Makanan (NBM), sebagai dasar penentuan kebijakan pangan di daerah.

TPID berharap pemerintah pusat memperhatikan aspek ketepatan waktu dalam melakukan penyesuaian tarif komoditas strategis atau administered prices lain.

"Khususnya dengan menghindari momen khusus menjelang puasa dan Lebaran," ujar dia, Jumat (20/6/2014).

Terpisah, pemerintah Kabupaten Cirebon segera membentuk TPID. Hal ini sebagai antisipasi kenaikan harga sejumlah bahan pangan jelang Ramadan yang berimbas pada meningkatnya inflasi pada triwulan kedua tahun ini.

"Pengendalian inflasi di daerah bisa dilakukan dengan menjaga stabilitas harga pangan dan pasokan yang lancar," kata Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Erry Adi Saputra.

TPID nantinya akan melakukan percepatan pendistribusian sejumlah bahan pokok seperti beras untuk masyarakat miskin (raskin), menjaga ketersediaan stok elpiji, dan operasi mendadak terhadap penimbunan ketersediaan bahan pokok bersama aparat terkait.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4978 seconds (0.1#10.140)