Maybank Kembangkan Proyek Budi Ddaya Jamur Tiram

Minggu, 29 Juni 2014 - 14:43 WIB
Maybank Kembangkan Proyek Budi Ddaya Jamur Tiram
Maybank Kembangkan Proyek Budi Ddaya Jamur Tiram
A A A
JAKARTA - Menyambut Ramadan, Maybank Foundation menggelar buka puasa bersama di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah, penerima manfaat proyek sukarela karyawan Maybank Syariah Indonesia yang bernama Program Pemberdayaan Ekonomi melalui Budi Daya Jamur Tiram.

Proyek dimulai sejak 2012 sebagai bagian dari program sukarela karyawan Grup Maybank. Berpusat di Kampung Binong, proyek ini bertujuan membantu para penghuni Pondok Pesantren, di mana sebagian besar siswanya adalah yatim piatu dan anak yang berasal dari keluarga pra-sejahtera.

Chairman Grup Maybank, Tan Sri Dato' Megat Zaharuddin Megat Mohd Nor mengatakan, melalui pengenalan budi daya jamur tiram, proyek ini bertujuan mendukung sekolah dalam mencapai kemandirian ekonomi dan mengurangi ketergantungan dari donasi masyarakat.

"Dengan kapasitas maksimum, satu rumah jamur tiram diharapkan dapat memproduksi lebih dari 100 kg jamur tiram dalam sehari (setara dengan pendapatan Rp800 ribu per hari)," ungkap dia dalam rilisnya, Minggu (29/6/2014).

Dia melanjutkan, anggota masyarakat di sekitar sekolah juga terlibat dalam proyek ini. Laba yang dihasilkan dari upaya ini digunakan untuk mendukung kebutuhan sehari-hari sejumlah siswa baik mereka yang yatim piatu atau yang orang tuanya tidak mampu membayar uang sekolah dan asrama.

"Anggota masyarakat setempat juga terlibat dalam proyek ini," ucapnya.

Karena itu, selain meningkatkan kemandirian finansial, dampak tidak langsungnya termasuk kemajuan pembelajaran di sekolah dan sumber daya pendidik serta kesejahteraan keuangan yang lebih baik di masyarakat yang lebih luas.

"Seseorang tidak boleh kehilangan hak untuk pendidikan karena perbedaan jenis kelamin, ras status sosial ekonomi atau lokasi geofrafis," imbuh dia.

Proyek 'Budi daya Jamur Tiram' bertujuan membantu penghuni Pondok Pesantren Riyadlul Jannah untuk mencapai kemandirian ekonomi dan mengurangi ketergantungan dari donasi masyarakat.

Selain proyek 'Budi Daya Jamur', program 'Bersamamu' juga akan mengangkat proyek 'Maybank Child Sponsorship' Maybank Kamboja yang ada di Phnom Penh, Kamboja, proyek 'From Poverty to Englah' Maybank Penang/Kedah Perlis di Kedah, Malaysia dan proyek Bank Internasional Indonesia (BII) 'Kerja Aktif Paraplegia' (KREATIP) di Jakarta Selatan.

Semua proyek ini menjadi bagian dari program sukarela karyawan Grup Maybank di seluruh dunia, yang disebut 'Cahaya Kasih.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7536 seconds (0.1#10.140)