BNI Jalin Kerja Sama NongHyup Bank

Rabu, 09 Juli 2014 - 16:35 WIB
BNI Jalin Kerja Sama NongHyup Bank
BNI Jalin Kerja Sama NongHyup Bank
A A A
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah menjalin kerja sama dengan salah satu bank papan atas Korea Selatan (Korsel) yang memiliki kekuatan bisnis bidang pertanian, NongHyup Bank.

Kerja sama ini membuka peluang bagi BNI memperluas target pasar hingga ke warga negara atau korporasi asal Korea Selatan yang berbisnis di Indonesia.

Sementara NongHyup Bank mendapatkan manfaat berupa perluasan bisnis di luar Korea Selatan, yakni Indonesia. Melalui kerja sama ini, bank peringkat kelima terbesar di Korea Selatan tersebut memperoleh kesempatan untuk memperluas cakupan pelayanan bagi para nasabah asal Korea Selatan yang ingin berbisnis di Indonesia.

Kerja sama BNI dan NongHyup Bank secara resmi ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (19/6/2014). Hadir Pemimpin Divisi Inte rnasional BNI Abdullah Firman Wibowo dan Executive Vice President NongHyup Bank Lee Jeongmo.

Melalui kerja sama ini, BNI dapat mengembangkan aktivitas bisnis pembiayaan perdagangan, seperti surat kredit, jaminan bank, dan berbagai fasilitas pembiayaan perdagangan lainnya, terutama kepada para nasabah NongHyup Bank di Indonesia.

Sinergi ini juga menjadi cara untuk meningkatkan transaksi kiriman uang antar kedua negara (Remittance). Selain itu, nasabah korporasi kedua bank dapat menikmati jasa-jasa keuangan di Indonesia maupun di Korea Selatan dengan lebih mudah.

Menurut Firman, BNI merupakan salah satu bank lokal yang dituju oleh NongHyup Bank untuk menjadi partner di Indonesia karena sebagai bank lokal dengan kapabilitas dan jaringan yang luas di Indonesia.

Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan bagi NongHyup Bank untuk menginformasikan kepada nasabahnya yang berada di Korea Selatan dan di luar Korea Selatan bahwa NongHyup Bank sudah menjalin kerja sama dengan salah satu bank luar negeri di Indonesia. Sehingga, nasabah maupun masyarakat di Korea Selatan yang ingin melakukan transaksi jasa keuangan ke Indonesia dapat melalui NongHyup Bank.

”BNI dapat menjadikan kerja sama ini sebagai sarana informasi kepada nasabah BNI maupun Warga Negara Indonesia di Korea Selatan bahwa BNI telah menjalin kerja sama dengan salah satu bank di Korea Selatan, yaitu NongHyup Bank. Adanya perusahaan-perusahaan Korea Selatan yang berinvestasi di Indonesia memberikan potensi bisnis kepada BNI,” ujar Firman.

Sebagai informasi, NongHyup Bank didirikan pada 2 Maret 2012. Bentuk awal institusi bisnisnya, yaitu The National Agricultural Cooperative Federation (NACF) direorganisasi, sehingga seluruh bisnis perbankan di kelompok usaha itu dikelola NongHyup Bank.

Akar kekuatan NongHyup Bank di bidang pertanian berawal dari sejarah NACF yang dibentuk dari hasil merger Agricultural Bank dan Agricultural Cooperative pada 1961. Saat itu, NACF merupakan grup bisnis yang bergerak di bidang Agricultural Business, Livestock Business dan Coorporative Banking.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0422 seconds (0.1#10.140)