Uang Palsu Marak Beredar Jelang Lebaran

Rabu, 16 Juli 2014 - 12:40 WIB
Uang Palsu Marak Beredar Jelang Lebaran
Uang Palsu Marak Beredar Jelang Lebaran
A A A
JAKARTA - Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Lambok A Siahaan mengungkapkan, menjelang Lebaran pihaknya masih menemukan beberapa oknum yang menyebarkan uang palsu.

Bahkan, sejauh ini uang palsu ditemukan di perbankan dan kepolisian. "Selama ini ditemukan dari perbankan dan kepolisian. Jadi datanya ditemukan. Kemudian modusnya dipelajari dan menjadi masukan untuk kita investigasi," ujar dia saat peninjauan penukaran uang di Lapangan IRTI Monas Jakarta Pusat, Rabu (16/7/2014).

Menurutnya, untuk daerah pemalsuan uang palsu kebanyakan di tempat yang padat, seperti Jakarta, Banten, Jawa Timur, Batam, Bali dan daerah yang banyak ditemukan uang palsu. Karena kegiatan transaksi dan jumlah penduduknya yang besar.

"Biasanya, pemalsuannya dilakukan dengan cara pencetakan. Melalui fotocopy dan sebagainya," ujar dia.

Lambok menjelaskan, untuk pencegahannya harus melewati beberapa penanganan. "Kalau dilihat kita harus ada, warnanya ada gradasi dan benang pengaman. Diraba kasar, diterawang dan ada tanda air. Artinya harus melihat cara mengecek itu dengan lengkap. Jadi tolong dilihat secara keseluruhan," ujar dia.

Dia menambahkan, jika ternyata uang palsu itu ditemukan, segera mendatangi kantor Bank Indonesia dan kepolisian. "Jangan takut untuk melapor, nanti akan kita tindak lanjuti," katanya.

Berbagai upaya untuk pemberantasan uang palsu telah dilakukan pemerintah, khususnya Bank Indonesia. Biasanya melalui sosialisasi lewat buku pelajaran, media dan yang lainnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4815 seconds (0.1#10.140)