Sumberdaya Sewatama Gandeng STT PLN Perkuat SDM

Senin, 21 Juli 2014 - 19:37 WIB
Sumberdaya Sewatama Gandeng STT PLN Perkuat SDM
Sumberdaya Sewatama Gandeng STT PLN Perkuat SDM
A A A
JAKARTA - PT Sumberdaya Sewatama (SSMM), penyedia solusi ketenagalistrikan terpadu menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN.

Kesepakatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat sumberdaya manusia yang sudah dilakukan, khususnya bidang ketenagalistrikan Indonesia era perdagangan bebas ASEAN 2015.

Penandatanganan dokumen kerja sama dilakukan Direktur Utama PT Sumberdaya Sewatama N Hasto Kristiyono dan Rektor STT PLN Supriadi Legino.

Menurut Supriadi, kesepakatan kerja sama ini diselenggarakan atas dasar semangat kebersamaan dalam rangka menyiapkan SDM agar dapat berkompetisi lebih baik dan andal bidang kelistrikan untuk menyongsong era perdagangan bebas ASEAN 2015.

Dukungan yang diberikan kepada satu satunya lembaga swasta nasional yang menggeluti industri kelistrikan selama 20 tahun lebih ini diharapkan akan memajukan industri kelistrikan di Indonesia yang kebutuhannya semakin hari semakin meningkat.

Pihaknya yakin SDM Indonesia tidak hanya mampu menguasai dan menjadi tuan rumah di Negara sendiri. Namun juga mampu menjadi tenaga ahli di negara lain yang membutuhkan tenaga listrik.

"Seperti kita ketahui bersama kebutuhan listrik di Indonesia dan dunia meningkat setiap tahun, dan tidak akan berhenti seiring semakin tingginya ketergantungan manusia akan listrik," ujarnya dalam siaran pers, Senin (21/7/2014).

Peningkatan kebutuhan listrik hingga 2020, menurut RUPTL adalah sebesar 6,5% per tahun. Di mana untuk kawasan industri mengalami peningkatan tertinggi mencapai 7,3% dan peningkatan sebesar 6,9% per tahun untuk kebutuhan listrik rumah tangga di Indonesia.

Sementara, rata-rata di dunia, membutuhkan pertumbuhan listrik sebesar 2,2%-3,1% untuk negara-negara berkembang dan peningkatan sebesar 1,1% untuk negara yang sudah stabil tingkat populasinya.

"Ini menjadikan kebutuhan akan SDM yang ahli bidang kelistrikan dan solusinya akan selalu ada untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia," imbuh Supriadi.

Hasto mengatakan, kesiapan SDM dan kekuatan pengelolaan bisnis yang dirintis Sewatama selama lebih dari 20 tahun ditambah dengan pemantapan kompetensi teknis dan nonteknis yang diperkuat STT PLN memungkinkan Indonesia mampu memberikan kontribusi penyediaan listrik di negara ASEAN lain yang membutuhkan, seperti Myanmar dan Vietnam.

Dalam lima atau sepuluh tahun ke depan, Hasto mengharapkan SDM yang telah melalui berbagai pengalaman, pelatihan dan pemantapan diharapkan akan mampu menjadi tenaga ahli bagi pengembangan kelistrikan di dalam dan luar negeri. Tidak hanya sebatas di ASEAN, namun dapat menjangkau wilayah Asia, timur tengah, dan negara lain.

"Kerja sama yang dijalin ini akan dilaksanakan melalui kegiatan terprogram baik dalam jangka pendek dan jangka panjang," ucapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7609 seconds (0.1#10.140)