Menhub Akui Angka Kecelakaan Pemudik Masih Tinggi

Rabu, 06 Agustus 2014 - 11:33 WIB
Menhub Akui Angka Kecelakaan Pemudik Masih Tinggi
Menhub Akui Angka Kecelakaan Pemudik Masih Tinggi
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan jumlah angka kecelakaan pada mudik Lebaran tahun ini masih sangat besar meskipun pemerintah sudah menambahkan fasilitas angkutan umum untuk mudik Lebaran tahun ini.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengungkapkan keprihatinannya terhadap jumlah kecelakaan pemudik yang masih tergolong tinggi ini.

"Saya prihatin masih banyak korban kecelakaan Lebaran yang terjadi tahun ini, angkanya itu di atas 600 kalau enggak salah. Angka pastinya belum berani saya umumkan karena harus klarifikasi dengan pihak kepolisian. Intinya mencapai angka segitu," ungkap dia di kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (6/8/2014).

Dia menambahkan, jika dibandingkan dengan jumlah kecelakaan Lebaran tahun sebelumnya, yang menjadi korban, atau yang mengalami kecelakaan, masih tergolong lebih rendah pada tahun ini, sekitar 13% di bawah tahun lalu.

"Presentasi tersebut sudah akumulasi baik itu kecelakaan ataupun meninggal. Sampai hari ini, H+7 saya belum dapat kabar pastinya. Karena baru dihitung tadi malam. Kalau tahun lalu sampai H+7 itu masih sekitar 700an. Bagaimanapun kita harus prihatin bila ada korban kecelakaan," ujar dia.

Mangindaan juga menambahkan, untuk pengguna sepeda motor juga masih tergolong banyak dan menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

"Sepeda motor jumlahnya masih yang paling besar, faktor kelelahan, ngantuk menjadi faktor utama kecelakaan kendaraan bermotor," tandas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7558 seconds (0.1#10.140)