Warga Rembang Dukung Pembangunan Pabrik SMGR

Kamis, 07 Agustus 2014 - 16:14 WIB
Warga Rembang Dukung Pembangunan Pabrik SMGR
Warga Rembang Dukung Pembangunan Pabrik SMGR
A A A
JAKARTA - Warga lima desa di Kota Rembang mendukung pembangunan pabrik PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) di lahan yang masuk wilayahnya. Dengan dibangunnya pabrik baru ini, warga berharap akan ada lapangan kerja baru sebagai alternatif penduduk yang selama ini masih mengandalkan pertanian.

"Adanya pembangunan pabrik, lapangan kerja yang tersedia makin banyak. Warga di sini bisa mulai ikut belajar kerja di industri (semen). Belum lagi aktifitas di luar pabrik, misalkan warung dan semacamnya yang bisa tumbuh di sekitar pabrik," kata Sukir, salah satu perwakilan masyarakat di sekitar lokasi pabrik saat dihubungi wartawan, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, aktivitas ekonomi makin berkembang. Karena itu pihaknya mendukung pembangunan pabrik ini, karena dampaknya positif. Dengan aktifitas kerja semakin banyak tersedia dan beragam, warga yakin taraf ekonomi warga sekitar lokasi pabrik juga semakin meningkat dan membaik secara bertahap.

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir muncul aksi demonstrasi dengan mengatasnamakan warga sekitar lokasi pabrik yang menolak dimulainya aktivitas pembangunan pabrik. Namun aksi tersebut dibantah Sukir sebagai pendapat yang benar-benar mewakili suara masyarakat setempat.

"Tidak benar itu. Mereka yang menolak (pembangunan pabrik) itu paling banyak hanya 500 orang, sedangkan total penduduk sini jumlahnya lebih dari 4.000 kepala keluarga (KK). Mereka itu minoritas dan main klaimm sepihak," terangnay.

Sebagian besar warga lima desa yang merupakan tempat bakal dibangunnya pabrik SMGR, kata dia, berharap aktivitas pembangunan dapat segera dimulai. Sehingga pabrik dapat segera berdiri dan beroperasi. Dengan demikian, dampak ekonominya terhadap masyarakat setempat diharapkan juga semakin cepat terasa.

"Sebagian besar warga di sini justru berharap agar pembangunan pabrik bisa segera dilakukan. Dengan begitu dampaknya bisa segera terasa. Agar warga di sini tidak hanya bisa bertani, tapi juga bekerja, berprofesi yang lain. Dengan begitu perekonomian daerah sini bisa semakin berkembang dan meningkat," jelas Sukir.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0491 seconds (0.1#10.140)