Ini Kriteria Pengganti Karen versi DPR

Selasa, 19 Agustus 2014 - 16:51 WIB
Ini Kriteria Pengganti Karen versi DPR
Ini Kriteria Pengganti Karen versi DPR
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan akan mengundurkan diri dari jabatannya sejak 1 Oktober 2014. Orang nomor satu di BUMN minyak dan gas (migas) ini telah mengajukan surat ke pemerintah, dalam hal ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) per 13 Agustus 2014.

Lalu bagaimana kriteria calon pengganti orang nomor satu di BUMN migas ini?

Anggota Komisi VI DPR RI Ferrari Romawi mengatakan, pengganti srikandi nomor satu di Pertamina harus yang mampu menaikkan lifting minyak dari yang ada saat ini. Selain itu, dia merasa Dirut Pertamina harus yang jujur dan berintegritas.

"Yang mampu menaikkan lifting minyak dari yang ada saat ini, mampu mengelola perusahaan sebesar Pertamina, serta jujur dan berintegritas," ujarnya kepada Sindonews, Selasa (19/8/2014).

Menurutnya, urusan perminyakan sangat menggoda jika tidak ditangani orang-orang yang jujur dan berintegritas. Dia juga mengatakan, nantinya pengganti Karen harus yang mendapatkan dukungan dan sejalan visinya dengan pemerintah.

"Harus mendapat dukungan dari pemerintah. Karena dukungan pemerintah enggak bisa setengah-setengah. Harus yang sesuai dengan selera pemerintah," tutur Ferrari.

Sementara itu, Nasril Bahar yang juga anggota Komisi VI DPR RI mengatakan, dirut Pertamina harus memiliki loyalitas yang tinggi kepada negara. Sebab, jabatan tersebut sangat strategis.

Selain itu, pengganti orang nomor satu di Pertamina tersebut harus memiliki ketegasan untuk melawan segala bentuk intervensi yang datang dari pihak manapun.

"Saya pikir kriterianya mempunyai loyalitas kepada negara yang baik, ini jabatan yang empuk, basah. Mempunyai fungsi strategis, hal yang baik-baik aja. Harus tegas juga dia," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6212 seconds (0.1#10.140)