Pasar Saham Jatim Semakin Menggeliat

Rabu, 20 Agustus 2014 - 17:20 WIB
Pasar Saham Jatim Semakin Menggeliat
Pasar Saham Jatim Semakin Menggeliat
A A A
SURABAYA - Pasar saham dalam negeri semakin menggeliat, hal ini terlihat bahwa Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat nilai transaksi yang dilakukan mengalami peningkatan.

Pada tahun ini, transaksi yang dilakukan mencapai Rp5,16 triliun dan mengalami kenaikan dibanding tahun lalu sebesar Rp5 triliun.

Direktur Utama BEI, Ito Warsito mengatakan, transaksi saham yang terjadi di pasar menunjukan kondisi positif. Ada kenaikan cukup baik dibandingkan tahun lalu. Karena kondisi perekonomian Indonesia cenderung stabil.

"Kondisi politik Indonesia memang belum stabil. Namun ada tanda-tanda kenaikan yang cukup bagus," katanya dalam pembukaan Investor Summit and Capital Market Expo 2014 di Grand City Surabaya, Rabu (20/8/2014).

Ito mencatat, hingga tahun ini nilai transaksi asing masih tinggi dibandingkan transaksi domestik. Investasi di Indonesia menjadi leading bagian investasi asing karena masih dianggap menjanjikan dalam berinvestasi.

"Investasi demostik diharapkan bisa bersaing dengan asing. Adanya Investor Summit and Capital Market Expo 2014 diharapkan bisa bersaing nantinya," kata dia.

Deputi Komisioner Pengawasan Pasar Modal II Otoritas Jasa Keungan (OJK) M Noor Rachman mengatakan, perhelatan Investor Summit and Capital Market Expo 2014 di Surabaya ke 5 akan memacu pertumbuhan perekonomian di Jawa Timur (Jatim).

Menurutnya, pertumbuhan ekonimi Jatim yang mencapai 7% di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 6%. Kondisi ini menjadi peluang besar bagi investor untuk menanamkan modal ke Jatim.

"Saat ini sudah banyak perusahaan di Jatim yang go public. Diharapkan, dengan jumlah 400 investor di Jatim bisa bertambah dengan adanya acara ini," katanya.

Sementara, Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim akan terus mempermudah pelayanan bagi investor supaya bisa mendongkrak jumlah investor yang masuk ke Jatim.

"Kami memiliki empat government guarantee atau stimulus bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di Jatim," ujarnya.

Dari empat government guarantee diantaranya penyediaan lahan untuk industi terkait akan dipermudah. Pemprov juga terus berkooordinasi dengan pemerintah masing-masing daerah untuk berkoordinasi mengenai ketersediaan lahan potensial untuk industri.

Kemudian, adanya jaminan kemudahan perizinan bagi investor. Pemprov Jatim sudah mempunyai unit reaksi cepat (URC) yang bertugas memangkas waktu pengurusan perizinan bagi investor yang ingin membuka usaha di Jatim.

Selain itu, ketersediaan pembangkit listrik (power plant) di Jatim juga menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya, Jatim mengalami surplus listrik sekitar 2.000 MW.

Surplus listrik tersebut bisa langsung digunakan industri yang ingin masuk di Jatim. Bahkan, tenaga kerja terampil di Jatim juga banyak dengan terus berkembangnya SMK Mini.

"Kita latih para siswa ini untuk menjadi tenaga kerja professional selama enam bulan, mereka beraal dari SMK dan tenaga-tenaga dalam pelatihan khusus," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9892 seconds (0.1#10.140)