Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung Baru 15,5 Km

Sabtu, 06 September 2014 - 17:34 WIB
Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung Baru 15,5 Km
Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung Baru 15,5 Km
A A A
MANADO - Penantian panjang masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) akan kehadiran jalan tol penghubung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Manado-Bitung, mulai terlihat titik terang.

Namun, menurut ekonom dari Universitas Sam Ratulangi Ellen Pakasi, jika keinginan pemerintah tahun ini rampung itu hebat. Pasalnya sejak awal pembebasan lahan 2011 hingga kini, baru rampung 15,5 kilometer (km) dari 39 km.

"Sementara tahun ini, sisanya (yang belum terbebas) 23,5 km ditargetkan selesai. Mudah-mudahan saja, sesuai target," ungkapnya, Sabtu (6/9/2014).

Meski demikian, CEO Management Board of Manado-Bitung Integrated Economic Development Zone (IEDZ) Noldy Tuerah mengatakan, setiap Jumat pihaknya terus melakukan evaluasi sisa pembebasan lahan bersama pemilik tanah.

Menurutnya, tahun ini harus selesai, anggaran ada dan cukup memadai. "Pembebasan lahan antara Manado dan Airmadidi, Minahasa Utara sudah selesai. Bitung ke Airmadidi baru 2 km. Total keseluruhan pembebasan lahan mencapai 15,5 km," jelasnya.

Jika pembesan lahan selesai sesuai target tahun ini. Maka 1 Januari 2015 mulai dilakukan pembangunan fisik infrastruktur.

Asumsi pembebasan lahan dan dokumen secara keseluruhan, sudah memakan waktu tiga tahun lebih. Ini sudah lewat dari perencanaan.

Jalan Tol Manado Bitung terbagi dua, yakni seksi I Manado-Minut, seksi II Bitung-Minut. Dalam aturan, asumsi pembebasan lahan memakan waktu 523 hari.

"Artinya sudah lewat dari perencanaan, namun sesuai keputusan pemerintah tahun ini harus selesai sisa pembebasan lahan, dan itu menjadi pekerjaan keras kami," ujarnya.

Pembangunan fisik infrastruktur, kata dia, sebenarnya sudah keluar pada 2012. Namun terjadi perubahan pada 1 Januari 2015.

Untuk nilai investasinya pun dibagi. Sebesar 39% dari 40% investasinya pemerintah dan sisanya swasta pemenang tender.

"Yang pasti diusahakan semuanya tuntas, dan masyarakat Sulut segera menikmati jalan tol," ungkapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6959 seconds (0.1#10.140)