Pemerintah Resmikan Pembangkit Listrik Biogas di Riau

Selasa, 16 September 2014 - 18:25 WIB
Pemerintah Resmikan Pembangkit Listrik Biogas di Riau
Pemerintah Resmikan Pembangkit Listrik Biogas di Riau
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah meresmikan pilot project pemanfaatan limbah cair sawit (pome) untuk pembangkit listrik biogas di Desa Rantau Sakti Kecamatan Tambusi Utara, Rokan Hulu Provinsi Riau dengan kapasitas sebesar 1 megawatt (mw).

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo mengatakan, pemerintah telah mengerucutkan regulasi untuk memberikan insentif agar energi baru terbarukan dan konservasi energy semecam pemanfaatan limbah cair sawit dapat berkembang pesat.

“Saat ini ESDM sedang memfinalisasi revisi kebijakan harga untuk biomasa agar dapat mempercepat implementasinya,” kata dia, di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Dia mengatakan, pembangkit listrik biogas dialirkan listriknya untuk 1.050 keluarga. Adapun pembangkit ini siap beroperasi stabil selama 24 jam. Bahkan pembangkit ini ramah lingkungan serta listrik yang dihasilkan relative murah jika dibanding dengan pembangkit listrik menggunakan diesel.

Berdasarkan data Kementerian ESDM Provinsi Riau mempunyai rasio elektrifikasi sebesar 77,56%. Sementara untuk kabupaten Rokan Hulu sebesar 52,55%.
(gpr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1217 seconds (10.101#12.26)