Mudahkan Transaksi BBM, BRI Pasarkan Fuel Card

Kamis, 18 September 2014 - 15:43 WIB
Mudahkan Transaksi BBM, BRI Pasarkan Fuel Card
Mudahkan Transaksi BBM, BRI Pasarkan Fuel Card
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mempercayakan produk uang elektronik Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai alat pembayaran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, dengan nama Fuel Card BRI.

Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria mengatakan, peluncuran kartu uang elektronik ini sebagai bentuk peningkatan layanan Prima BRI kepada nasabah yang menggunakan BBM bersubsidi serta ikut mendorong penggunaan BBM yang efektif dan efisien melalui transaksi tanpa uang tunai.

“Tidak hanya itu, BRI juga ikut mendorong penerapan Gerakan Non-Tunai yang selama ini telah dicanangkan oleh Bank Indonesia,” uajr dia dalam rilisnya, Kamis (18/9/2014).

Melalui kartu uang elektronik ini diharapkan dapat mempercepat atau mengakselerasi tercapainya masyarakat non-tunai, sehingga pendataan transaksi keuangan masyarakat dapat terintegrasi dan dipakai untuk membangun peta sosial masyarakat.

Budi menjelaskan, tujuan kerja sama ini terkait penggunaan Fuel Card BRI, yaitu kartu co-branding BRIZZI dengan Pertamina sebagai alat pembayaran BBM bersubsidi di SPBU-SPBU Pertamina.

“Penggunaan Fuel Card BRI ini diharapkan dapat memudahkan kontrol dan monitor Pertamina terhadap transaksi dalam penyaluran BBM bersubsidi jenis solar kepada masyarakat agar lebih tepat sasaran,” pungkas Budi.

Menurut Budi, bagi para pemegang Fuel Card BRI cukup hanya dengan melakukan tapping di reader yang sudah disediakan di SPBU-SPBU Pertamina yang telah ditunjuk.

“Kartu ini dapat diisi ulang, namun pemakaiannya dibatasi per hari oleh Pertamina sesuai dengan kuota yang ditetapkan, sehingga pemegang kartu tetap tidak bisa membeli di atas batas yang telah ditentukan. Meskipun berpindah SPBU, jika sudah melebihi batas, tetap tidak bisa digunakan lagi untuk mendapatkan BBM Bersubsidi,” ucap Budi.

Fuel Card BRI ini dapat mengurangi praktik penggandaan atau pemalsuan kartu seperti yang telah ada sebelumnya.

“Diharapkan pada akhirnya dapat menekan angka kebocoran BBM bersubsidi di berbagai tempat di Indonesia, khususnya di Batam, sehingga distribusinya lebih tepat sasaran,” terang Budi.

Selain kartu Fuel Card BRI, kartu BRIZZI BRI yang sudah beredar di masyarakat juga dapat digunakan untuk bertransaksi di SPBU untuk pembayaran BBM non-subsidi. Kartu Fuel Card BRI juga dapat digunakan diseluruh merchant yang sudah menjadi merchant BRIZZI.

Khusus kartu Fuel Card BRI, konsumen penerima subsidi yang telah diatur oleh Pertamina bisa mendapatkannya di titik-titik yang telah ditetapkan Pertamina.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6170 seconds (0.1#10.140)