Pembangunan Tol Manado-Bitung Akan Diserahkan ke Swasta

Senin, 13 Oktober 2014 - 06:36 WIB
Pembangunan Tol Manado-Bitung Akan Diserahkan ke Swasta
Pembangunan Tol Manado-Bitung Akan Diserahkan ke Swasta
A A A
MANADO - Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto mengemukakan, Tol Manado-Bitung akan diserahkan ke pihak swasta untuk dikelola dengan catatan pemerintah harus membangun dulu.

"Nanti pada akhirnya akan diserahkan ke swasta dalam hal ini pihak investor. Kita bangun dulu segmen I ini, agar investor juga tertarik," ujarnya, Minggu (12/10/2014).

"Selanjutnya yang segmen II akan kita lelang langsung kepada pihak swasta dengan catatan proses pembebasan lahannya sudah cukup progress," jelas Djoko.

Dia mengatakan, anggaran infrastruktur di Provinsi Sulawesi Utara mengalami kenaikan dari tahun ke tahun sejak 2010 sebesar Rp720 miliar dan tahun 2014 kini berjumlah Rp2,8 triliun.

"Anggaran naik sebab kebutuhan di Sulawesi Utara juga terus berkembang seiring pertumbuhan ekonomi," imbuhnya.

Sebagai informasi, pembangunan Tol Manado-Bitung memiliki total panjang 39 km, terdiri atas dua segmen, yaitu segmen I Manado Ring Road-Airmadidi sepanjang 13,5 km dan segmen II Airmadidi-Bitung dengan panjang 25,5 km.

Konstruksi untuk kedua segmen tersebut direncanakan 2x2 lajur dengan kecepatan tempuh direncanakan 80 km/jam dengan nilai investasi kedua segmen mencapai Rp4,3 triliun.

Sementara untuk segmen II jalur tol tersebut saat ini masih dalam proses pembebasan lahan oleh pemerintah. Jika pembebasan lahan rampung hingga 75%, maka tol tersebut bisa dilelang kepada pihak investor.

Saat ini, proses pembebasan lahan untuk segmen II baru mencapai 25%. Diharapkan Tol Manado-Bitung bisa rampung pada 2018.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7270 seconds (0.1#10.140)