Pengamat Nilai Darmin Cocok Jadi Menko Perekonomian

Selasa, 21 Oktober 2014 - 17:10 WIB
Pengamat Nilai Darmin...
Pengamat Nilai Darmin Cocok Jadi Menko Perekonomian
A A A
JAKARTA - Ekonom Agustinus Prasetyantoko menilai, Darmin Nasution merupakan sosok paling cocok menjadi Menko Perekonomian era Joko Widodo (Jokowi) di antara beberapa nama lain yang muncul.

Menurutnya, rekam jejak mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini dinilai cukup bagus.

"Kalau dari kapasitas sudah enggak ada pilihan lain kalau untuk Menko Perekonomian selain Pak Darmin," ujarnya kepada Sindonews, Selasa (21/10/2014).

Lebih lanjut dia menuturkan, Darmin yang pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berhasil meningkatkan rasio pajak (tax ratio).

Selain itu, Darmin juga dinilai berhasil mendorong kebijakan pokok seperti devisa hasil ekspor dan financial inclusion.

"Pernah jadi Gubernur BI, dan berhasil mendorong kebijakan pokok seperti devisa hasil ekspor, financial inclusion dia bisa dorong," tambah ekonom dari Universitas Kristen Atmajaya ini.

Selain itu, Darmin juga berperan aktif dalam mengintervensi pasar. Sehingga, pengalaman dari sisi fiskal dan moneter cukup mumpuni menduduki jabatan Menko Perekonomian.

"Ketiga, dia aktif untuk mengintervensi pasar. Dengan alasan itu, menurut saya dia punya pengalaman dari sisi fiskal dan moneter," tandasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi akan mengumumkan susunan kabinetnya. Salah satu nama yang mencolok yang dikabarkan akan menjadi Menko bidang Perekonomian adalah Darmin Nasution dan Sri Mulyani.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0864 seconds (0.1#10.140)