Biomassa dan Biogas Akan Gantikan Peran Energi Fosil

Rabu, 22 Oktober 2014 - 13:33 WIB
Biomassa dan Biogas Akan Gantikan Peran Energi Fosil
Biomassa dan Biogas Akan Gantikan Peran Energi Fosil
A A A
JAKARTA - Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarman mengatakan, pembangkit Listrik biomassa dan biogas akan menggantikan peran pembangkit listrik yang berbasiskan pada energi fosil.

Hal itu akan sejalan dengan diterbitkannya Permen ESDM Nomor 27 Tahun 2014 tentang pembelian tenaga listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) dan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTg) oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

"Kita sedang mengembangkan pembangkit yang ramah lingkungan seperti biomassa dan biogas ini baik, karena bagaimanapun juga fosil itu akan habis dan akan digantikan oleh pembangkit yang lebih suistanable energinya," kata dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Jarman menambahkan, pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang terus tinggi, haruslah diimbangi dengan pembangunan pembangkit listrik yang tinggi. Akan tetapi, pembangunan listrik itupun harus mementingkan kelestarian lingkungan.

"Jadi bisa dikatakan bahwa biomassa dan biogas sangat penting sekali, kalau dari segi harga gas memang lebih murah," ungkapnya.

Meski demikian, walau memiliki harga yang lebih murah, Jarman menyebutkan dengan mengandalkan energi baru terbarukan tersebut harus dibentuk dahulu mengenai ketersediaan pasokannya.

"Kalau tidak, ya pakai BBM, karena opsi terbatas, dari pilihan itu tentu ini menjadi pilihan yang menarik," tandas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5305 seconds (0.1#10.140)