Transportasi Laut Baiknya Dipasang Sensor Keamanan

Jum'at, 24 Oktober 2014 - 00:01 WIB
Transportasi Laut Baiknya...
Transportasi Laut Baiknya Dipasang Sensor Keamanan
A A A
JAKARTA - General Manager PT NTT Data Indonesia Taufik Hidayat mengatakan, perlu adanya pemasangan alat sensor keamanan di setiap alat transportasi laut saat ini. Hal ini bertujuan untuk menunjang transportasi kelautan seiring dengan program kerja presiden Joko Widodo yang ingin mengembangkan wilayah maritim.

"Laut itu, harus ada sistem sensor yang dipasang di tiap-tiap kapalnya. Kenapa? Karena saya katakan di sini, ini demi keamanan di sistem transportasi laut. Setiap tahun itu, negara merugi sekitar Rp 25 triliun karena lautnya," ujar Taufik saat ditemui di Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Taufik melanjutkan, kerugian-kerugian tersebut disebabkan karena beberapa hal. Yakni karena tabrakan kapal-kapal besar di tengah laut, pencurian hasil laut besar-besaran yang negara tidak tahu dan ketidakmampuan Indonesia untuk membangun kelengkapan sektor kelautan menjadi lebih baik.

"Kalau Pak Jokowi bisa membuat konsep tol laut, itu bagus. Kan mayoritas teritorinya Indonesia itu air. Itu akan jadi transportasi yang bagus. Cepat, murah dan enggak lama," ungkap dia.

Namun, Taufik menambahkan, ini semua harus didukung oleh teknologi yang memadai seperti sensor keamanan. Dan beberapa infrastruktur kelautan juga mesti diperbaiki.

"Jalurnya mesti bagus. Kayak yang kita lihat sekarang, pelabuhan-pelabuhan di Indonesia itu kan belum begitu canggih seperti di luar negeri. Kendalanya kan itu, ketika kita mendarat di pelabuhan Tanjung Priuk itu kan lama prosesnya. Nah kalau itu dibenahi dari segi kapal, pelabuhan dan birokrasinya, pasti akan bagus. Kan enak kalau begitu," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8731 seconds (0.1#10.140)