Jepang Apresiasi HTI Indonesia

Senin, 03 November 2014 - 12:53 WIB
Jepang Apresiasi HTI Indonesia
Jepang Apresiasi HTI Indonesia
A A A
JAKARTA - Pengembangan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dilakukan Asia Pulp & Paper Group (APP) mendapat apresiasi Akira Miyawaki, profesor kehormatan dari Yokohama National University.

Profesor yang dijuluki Mr Tree Planting atau Bapak Penanam Pohon itu mengatakan, penanaman pohon bertujuan menciptakan hutan konservasi yang dapat menanggulangi perubahan iklim, baik lokal maupun global. Selain itu, penanaman hutan APP akan bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat setempat.

”Saat ini adalah pertama kalinya saya melakukan kunjungan lapangan di Sumatera untuk mengembangkan hutan ekologi yang dapat juga mengangkat pendapatanmasyarakat lokaldengan penanaman pohon,” kata Akira Miyawaki saat mengunjungi areal HTI milik satu pemasok kayu APP, PT Arara Abadi di Perawang, Riau, pekan lalu.

Menurutnya, penanamanpohon di Indonesia telah menciptakan banyak lapangan pekerjaan, khususnyabagi masyarakat lokal. Selain menciptakan lapangan pekerjaan, gross domestic product (GDP) Indonesia juga terdorong akibat pesatnya kebutuhan industri hasil hutan ini. Direktur APP Suhendra Wiriadinata mengatakan, APP dan pemasok kayunya telah membuat program pengayaan kawasan lindung untuk area terdegradasi.

”HTI Perawang, pabrik APP, dan pemasok kayu telah menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal hingga lebih dari 250.000 lapangan pekerjaan langsung dan tidak langsung,” katanya. Dengan adanya kemajuan ekonomi masyarakat lokal, kata Suhendra, pengembangan infrastruktur dan fasilitas masyarakat lokal juga ikut terdorong.

”Pada 2012 kami telah mengeluarkan Roadmap Keberlanjutan APP, di mana penanaman pohon merupakan bagian penting di dalam komitmen ini,” ungkap Suhendra. Suhendra menambahkan, pada April 2014 APP mengumumkan komitmen untuk mendukung konservasi 1 juta hektare (ha) hutan di Indonesia.

Sebagai bagian dari program ini, di Riau ada beberapa lanskap yang termasuk di dalam 1 juta ha tersebut, yaitu di area Giam Siak Kecil, Senepis, Kampar, dan Kerumutan. Di samping komitmen ini, APP ikut menandatangani New York Declaration on Forest di UN Climate Summit.

Sudarsono
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8340 seconds (0.1#10.140)