Pelabuhan Niaga Kendal Terkendala Akses dan Lahan

Rabu, 05 November 2014 - 07:06 WIB
Pelabuhan Niaga Kendal Terkendala Akses dan Lahan
Pelabuhan Niaga Kendal Terkendala Akses dan Lahan
A A A
KENDAL - Pembangunan pelabuhan niaga di kawasan Pelabuhan Kendal masih terkendala akses jalan yang baru 80%. Selain itu, lahan yang dibutuhkan untuk pelabuhan barang ini masih sekitar 3,1 hektare lagi.

Kepala Dinas Perubungan Kendal, Subarso mengatakan, pelabuhan niaga saat ini masih terkendala belum selesainya pengerjaan akses jalan masuk ke pelabuhan. Pembangunan jalan ke dermaga penumpang masih kurang sekitar 20%.

Selain akses jalan yang belum selesai, pembangunan pelabuhan niaga juga terkendala penyediaan lahan yang kurang. “Kami masih kekurangan 3,1 hektar lahan sebagaiamana disyaratkan oleh Kementrian Perhubungan untuk mendirikan pelabuhan niaga,” ujarnya, Selasa (4/11/2014).

Upaya selanjutnya adalah membebaskan lahan dari masyarakat sesuai dengan harga apraisal yang telah tetapkan. Namun Subarso memastikan tidak ada masalah, karena saat ini sudah dimulai bermusyawarah dengan warga pemilik lahan untuk menemukan harga sesuai kesepakatan.

Sedangkan tahapan terakhir pembangunan pelabuhan yakni menyelesaikan pemecah ombak atau break water. Setelah itu kelengkapan sarana dan prasarana fasilitas penunjang pelabuhan dan SDM yang dibutuhkan. “Semua sudah dipersiapkan, tidak ada masalah,” lanjutnya.

Sementara Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti mengatakan, jika saat ini pihaknya sudah mengantongi izin operasional pelabuhan penumpang. Bahkan kapal-kapal dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang sudah akan mulai dipindahkan ke Pelabuhan Tanjung Kendal.

Selain itu juga ada beberapa Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya juga akan berlabuh ke Pelabuhan Tanjung Kendal. “Kami tinggal menyediakan tenaga untuk mengatur lalu lintas kapal,” tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5314 seconds (0.1#10.140)